Home / Kabar Daerah

Minggu, 23 Juni 2024 - 20:41 WIB

Desa Karangpandan di Karanganyar Jadi Desa Pancasila, Ini Alasannya

@ADMIN 1 - Penulis

Peresmian monumen Desa Pancasila di Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (22/6/2024). (Image courtesy: Radar Solo)

Peresmian monumen Desa Pancasila di Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (22/6/2024). (Image courtesy: Radar Solo)

TVDesa – Karanganyar : Desa Karangpandan di Kecamatan Karangpandan, Karanganyar menjadi salah satu desa Pancasila, sebagai bentuk rasa bersyukur kepada tuhan atas kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia.

”Pembentukan ini adalah bentuk rasa syukur kita. Maksudnya kita merawat kenikmatan kemerdekaan yang sudah diberikan oleh tuhan, berupa negara Pancasila ini. Karena kita terdiri dari berbagai macam kemajemukan atau pluralitas,” kata Yudiawan Wahyudi, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), saat peresmian Desa Karangpandan sebagai Desa Pancasila, bersama forkompimda Kabupaten Karanganyar, Sabtu (22/6/2024).

Yudiawan berharap, desa Pancasila di Desa Karangpandan ini dapat memberikan pembelajaran atau edukasi terhadap masyarakat yang lain agar memiliki dasar Pancasila, lantaran kemajemukan bangsa Indonesia perlu dirawat, terlebih banyaknya pengaruh asing di tengah globalisasi saat ini.

Baca Juga |  Nungas Tahun di Desa Piantus, Wabub Rofi Ajak Generasi Muda Bertani

”Ya dengan adanya Bhineka Tunggal Ika, kita sudah sepakat. Dan kita sedang menghadapi juga dunia global, pengaruh asing. Sehingga masyarakat yang di bawah ini harus dilindungi dari pengaruh negatif ini. Salah satunya dengan membangun kerukunan, guyub rukun, seperti dikatakan pancasila, kita bergotong royong, membangun negara ini,” harap Yudiawan Wahyudi.

Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi menjelaskan, pemilihan Desa Karangpandan sebagai desa Pancasila karena Karangpandan memiliki tradisi yang kuat tentang kebersamaan dan pluralisme.

Baca Juga |  Ibu-ibu PKK Glesungrejo, Dapatkan Pelatihan Ecoprint Dari Mahasiswa

”Saat ini kami sedang berupaya untuk merawat harmonisasi yang selama ini sudah terpelihara dengan sangat baik di Karangpandan. Dengan bimbingan dari BPIP, tentu kami akan bisa lebih membangun konstruksi yang lebih harmoni untuk kita tularkan ke desa-desa lain,” ujarnya.

Timotius menambahkan, setelah dilakukan peresmian tersebut, nantinya pemerintah akan mendorong dari sisi rohani maupun jasmani.

”Bagaimana membangun masyarakat dengan gotong-royong, tapi tentu pemerintah terlibat di dalamnya, untuk melakukan intervensi dengan cara yang dibutuhkan secara presisi sesuai kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Terus Perkuat Sinergitas Pemprov dan Semen Padang untuk Sepakbola Sumbar*

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab