Home / Kabar Desa

Senin, 6 September 2021 - 15:23 WIB

Syarat DD Tahap II Belum Dipenuhi Pemdes Masara

Junaim Laode - Penulis

TV Desa – Muna Barat : Dana Desa Tahap II Desa Masara Muna Barat belum mengajukan syarat Dana Desa tahap II , Senin, (06/09/2021) hal itu diungkapkan oleh Operator Kabupaten Dinas PMD kabupaten Muna Barat.

Sesuai dengan lampiran Surat Kepala Kanwil DJP Provinsi Sultra tanggal 22 Juli 2021 tentang Juknis Penyaluran Dana Desa bahwa dokumen persyaratan Penyaluran Dana Desa tahap II berupa Perdes mengenai APBDesa, Laporan realisas penyerapan dan capaian keluaran Dana Desa tahun Anggaran 2020, Laporan realisasi penyerapan dan capaian output dana desa tahap I yang menunjukan rata- rata realisasi penyerapan paling sedikit sebesar 50% dari Dana Desa yang telah disalurkan dan rata- rata capaian keluaran paling sedikit sebesar 35%, Perdes mengenai penetapan keluarga Penerima Manfaat BLT desa,Perdes tidak terdapat calon penerima BLT Dana Desa.

Baca Juga |  Rembuk Stunting Desa Tabaro Sukses Dilaksanakan
Kepala Desa Bersama Perangkat Desa Dalam Rangka Persiapan Syarat Cair DD Tahap II Tahun 2021

Abdul Rahman Kepala Desa Masara mengatakan, salah satu hambatan desa kami terlambat mengajukan syarat cair Dana Desa tahap II adalah kurangnya perhatian perangkat desa untuk melengkapi Syarat- syarat tersebut.

 

Proses Input Syarat Cair DD tahap II Tahun oleh 2021 Operator Kabupaten

” Selama ini Syarat cair tahap II dianggap remeh oleh Perangkat Desa ,selalu saya tekankan, laporan itu penting jangan menunda kesempatan. Kadang perangkat saya lupa apa yang telah saya sampaikan sehingga perlu penegasan kepada mereka sesuai tugas masing- masing agar pengelolaan administrasi apapun dapat dituntaskan,” kata  Rahman.

Ona menuturkan, Operator Kabupaten Muna Barat mengatakan, sampai saat ini sudah 20 desa terinput di aplikasi Onspan dan siap diajukan oleh Dinas PMD ke KPPN.

Baca Juga |  Edy Sudrajat Serahkan BLT DD Gunung Sugih Kepada 105 KPM

” Belum semua desa akan diajukan di KPPN kecuali sudah memenuhi syarat cair DD tahap II dan sudah terinput di aplikasi Onspan,” tutur Ona.

Desa Masara akan segera mengajukan syarat DD tahap II Harini pukul 17.00 Wita agar pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan segera terlaksana sehingga masyarakat yang membutuhkan  dapat teratasi khususnya kegiatan Padat Karya Tunai Desa.

 

Berita ini 197 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa