Home / Kabar Desa

Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:31 WIB

Desa Pranan Gelar Pawai Bronjong Hias, Memeriahkan HUT RI ke 77

008 Gieyono - Penulis

TV Desa News – Sukoharjo : Pemerintah Desa Pranan mengadakan Pawai Bronjong Hias pada 28/08/2022 di sepanjang jalan raya Pranan sampai Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkain kegiatan memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tingkat Desa Pranan Kecamatan Polokarto kab Sukoharjo. Kegiatan ini juga rangkaian Festival Jambu Festival di Desa Pranan.

Sebanyak 250 peserta mengikuti dalam acara ini  yang oleh 200 sepeda motor lainnya pakai mobil bak terbuka dan mobil hias. Pawai yang juga melibatkan sekitar 20 mobil jeep hingga pikap itu merupakan kegiatan pre-event menyambut Festival Jambu pada awal September mendatang.

Start iring-iringan Pawai dari Lapangan desa Pranan menuju ke Sukoharjo, kemudian meliwati  Ngombakan dan kembali ke lapangan desa Pranan.

Baca Juga |  La Ode Tibolo : 60 Desa Siap Ajukan DD Tahap II

Kepala Desa Pranan, Djigong Sarjanto, mengatakan pemilihan bronjong erat kaitannya dengan potensi desa setempat yang mayoritas penjual buah segar terutama jambu air. “Pada tahun 2006 sempat ada larangan membawa buah dengan bronjong lantaran tidak sesuai perutukannya. Namun setelah berdiskusi dengan Satlantas akhirnya sepeda motor menggunakan bronjong diperbolehkan.

Sementara itu, kegiatan festival jambu dan pawai bronjong merupakan kali pertama yang oleh desa Pranan, dalam sambutan Hery Mulyadi Camat Polokarto. “Kami berharap kegiatan positif ini dapat berlanjut pada tahun mendatang. Sebab festival jambu dapat membranding bahwa desa Pranan memiliki jambu air yang berkualitas. Dan bisa menjadi icon desa setempat” ujar Hery.

Baca Juga |  FTBM Jateng Sukses Gelar Kemah Literasi 3 dan Musyawarah Wilayah Ke - 4

Festival Jambu di Desa Pranan akan menggelar pada 4 hingga 6 September 2022 mendatang. Pada pranan festival jambu juga berlangsung beberapa agenda, seperti lomba video tiktok, lomba sepeda onthel kranjang, lomba geguritan dan lomba dolanan anak-anak. Serta yang paling menarik adalah wisata kebon jambu. Dimana pada wisata tersebut masyarakat bebas memetik dan membeli jambu air langsung di empat lokasi kebun jambu di desa Pranan

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 112 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih

Kabar Desa

Karang Taruna Bonto Cinde Gelar Latihan Kajian Kontemporer Pengkaderan untuk Tingkatkan Kapasitas Pemuda

Kabar Desa

Lebih Dekat dengan Warga, Babinsa Palmatak Lakukan Komsos dan Gotong Royong

Kabar Desa

Jelang HUT RI ke-79 di Patalassang: Panitia Siapkan Sejumlah Perlombaan Seru!

Kabar Desa

Festival Bubur Suro: Paduan Budaya, Kuliner, dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bandung

Kabar Desa

Tanam 1.000 Pohon di Desa Karangligar, Upaya Mahasiswa UBP Karawang untuk Cegah Banjir