Home / Kabar Desa

Kamis, 9 September 2021 - 08:30 WIB

Desa Sitolu Bahal Gelar Musyawarah Khusus Penetapan SDGs

Arian Jaya Barus SP - Penulis

TV Desa – Humbang Hasundutan : Dalam Musawarah Desa Khusus SDGS. Penetapan Hasil Pendataan Team Pokja SDGS Desa Sitolu Bahal  Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan Propinsi Sumatera Utara, Ditetapkan Hasil Survei Pendataan Terdapat 5 RT/Dusun, 450 Kepala Keluarga, 1800 Jiwa Penduduk, dari hasil telaah data kuisoner terungkap dan terdata,  Komoditas Kopi dan Tanaman Kentang Merupakan Produc yang mayoritas  sebagai usaha keluarga. Dari Total 450 Kepala Keluarga  yang membudi dayakan kopi sebanyak 312 KK, Tanaman Kentang sebanyak 287 KK. Dan sisanya sebagai PNS, Buruh Tani, Pedagang dan Tanaman Lainnya.

Pada Musdesus ini di buka oleh Ketua BPD Jamanat Sihombing, dan dihadiri oleh Pj, Kepala Desa Sarowedy C Sihombing, SPd, Pihak Kecamatan, Seluruh Pokja SDGS Desa, Tenaga Ahli Kabupaten TPP Kemendesa Pdtt Arian Jaya Barus SP, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa serta Undangan Tokoh Masyarakat.

Baca Juga |  Desa Pendem Bersiap Tambah Fasilitas Biogas Mandiri

Dalam Sambutannya Ketua BPD Berharap Pendataan SDGS ini dimanfaatkan sebagai Data untuk Perencanaan Pembangunan Desa Kedepannya, Menurut ketua BPD Penggunaan Dana Desa Selama ini Penuh dengan intervensi Supra Desa, Apa yang di usulkan Desa pada waktu RKPdes, Tidak tertampung pada saat evaluasi APBDes, dan ada Kegiatan titipan dari instansi tertentu, sehingga kegiatan usulan waktuRKPDes menjadi tidak tertampung,  hal yang sama Juga di Sampaikan Pj, Kepala Desa dan Kecamatan.

Pada Kesempatan ini Tenaga Ahli Kabupaten Sebagai Narasumber Menekankan Desa Harus Mampu Mewujudkan Point-poin dalam SDGS seperti Desa Tanpa Kelaparan, Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Sehat dan Sejahtera, serta Kelembagaan Desa Yang adaptive dan Dinamis, Diharapkan penggunaan Dana desa untuk pengentasan kemiskinan dan kelaparan menjadi proritas utama, disamping penanganan dampak Pandemi Covid 19.

Baca Juga |  Dongkrak Kapasitas Aparatur Desa Melalui ToT, Tingkatkan Efektivitas 17.000 Desa di Indonesia

Dan Narasumber menghimbau Desa supaya Melakukan Musdes RKPdes Tahun 2022 Pada Bulan September ini sudah siap, lengkap dengan dokumen Penyusunan RKPDesnya, Menggunakan Data dari SDGS yang sudah ditetapkan dan Pendalaman Penelahaan RPJMDes Desa dan Capaian Pembangunan  Desa sebelumnya. Setelah Pembacaan Hasil Survei SDGS oleh Ketua Pokja, dilanjutkan dengan Penanda tanganan Berita Acara oleh Ketua BPD dan Pj.Kepala Desa di ikuti Saksi dari Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 422 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi