Home / Kabar Desa

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:25 WIB

Dewan Pengawas Menjadi Kunci Terwujudnya Akuntabilitas BUM Desa

Aris Nurkholis - Penulis

Aris Nurkholis TAPM Kabupaten Kulon Progo Berjabat tangan dengan Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipta Seusai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan. Selasa (11/6/24)

Aris Nurkholis TAPM Kabupaten Kulon Progo Berjabat tangan dengan Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipta Seusai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan. Selasa (11/6/24)

TV Desa News – Kulon Progo: “Dewan Pengawas menjadi kunci bagi terwujudnya akuntabilitas pengelolaan BUM Desa, baik pengelolaan keuangan maupun kinerja BUM Desa. Akuntabilitas itu sendiri merupakan bagian dari upaya mewujudkan tatakelola BUM Desa yang baik dan berkelanjutan.” Ujar Aris Nurkholis pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dewan Pengawas BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipto, Selasa (11/6/24).

Lebih lanjut Aris Nurkholis dalam sambutannya menyampaikan bahwa dewan pengawas dalam praktik tatakelola BUM Desa memiliki peran yang strategis yaitu salah satu diantaranya adalah peran sebagai pengawas internal BUM Desa. Pelaksanaan fungsi pengawasan internal BUM Desa oleh Dewan Pengawas setidaknya memiliki 4 tujuan pokok. Tujuan yang pertama adalah melakukan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan dan kinerja BUM Desa sehingga diperoleh informasi laporan keuangan dan kinerja BUM Desa yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Tujuan ini memberikan jaminan keandalan dan kebenaran data akuntansi termasuk laporan keuangan BUM Desa.

Tujuan kedua yaitu meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya BUM Desa seperti tenaga kerja/karyawan, bahan baku, peralatan, dan sumber daya lainnya. Dengan meminimalkan pemborosan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya, BUM Desa dapat mencapai produksi atau hasil yang lebih efisien.

Adapun tujuan ketiga dari pengawasan internal oleh dewan pengawas adalah memastikan segala aktivitas BUM Desa sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, termasuk ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga BUM Desa. Tujuan ketiga ini juga memastikan semua personal BUM Desa mengetahui dan mematuhi kebijakan yang telah dibuat.

Baca Juga |  PNP Tingkatkan Skill Public Speaking Anggota Pokdarwis Paingan

Sedangkan tujuan yang keempat atau terakhir adalah menjaga keamanan harta/ aset atau kekayaan BUM Desa. Aset BUM Desa adalah sesuatu milik BUM Desa yang begitu berharga dan memiliki posisi yang sangat penting untuk kelancaran operasional usaha. Dikarenakan aset BUM Desa merupakan harta milik BUM Desa yang begitu berharga, maka diperlukan adanya pemeliharaan dan pengamanan, dan disinilah pentingnya peran Dewan Pengawas BUM Desa.

“Keempat tujuan pengawasan internal tersebut dilakukan agar BUM Desa bisa mencapai tujuannya dengan cara mendapatkan kesempatan dan keuntungan serta mencegah adanya kerugian.” Terang Aris Nurkholis selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Kulon Progo.

“Dewan Pengawas selain berperan sebagai satuan pengawas internal BUM Desa, Dewan Pengawas juga dituntut untuk juga mengedepankan fungsi sebagai konsultan bagi pelaksana operasional atau direktur BUM Desa. Fungsi ini mendorong Dewan Pengawas untuk memberikan saran atau pertimbangan dan perbaikan atas pengelolaan atau operasional BUM Desa.” Pungkas Aris Nurkholis dalam mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Lurah Banguncipto Boiran, S.Pd., SH., MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dewan Pengawas memiliki peran yang strategis dan penting dalam tatakelola BUM Desa. “Alhamdulillah setelah sekian lama terjadi kekosongan, saat ini resmi Dewan Pengawas BUM Desa telah ditetapkan dan dilantik.” Ujar Boiran.

Baca Juga |  Tidak Ada PLN? PLTMH pun Jadi!

“Saya berharap Dewan Pengawas BUM Desa yang baru saja dilantik bisa menjalankan ketugasannya dengan baik, mampu menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan pihak pengelola/ direktur BUM Desa sehingga apa yang menjadi cita-cita dan tujuan dari BUM Desa dapat tercapai.” Harap Boiran.

Sebelum dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dewan Pengawas, terlebih dahulu dilakukan musyawarah kalurahan untuk mengangkat dan menetapkan calon dewan pengawas yang diajukan oleh pemerintah kalurahan. Terdapat 3 calon dewan pengawas yang diajukan yaitu Suharjana yang merupakan eks pengawas periode sebelumnya, Pipit Haryadi dan Malik Wira Gustama yang keduanya merupakan hasil seleksi calon pengawas BUM Desa yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Dari ketiga calon Dewan Pengawas tersebut, musyawarah kalurahan memutuskan mengangkat dan menetapkan Suharjana sebagai Ketua Dewan Pengawas serta Pipit Haryadi dan Malik Wira Gustama sebagai anggota dewan pengawas. Ketiganya mengemban amanah di dewan pengawas BUM Desa Binangun Cipta Mandiri untuk periode 2024-2029. (ANK)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia