Home / Kabar Desa

Senin, 11 Desember 2023 - 13:49 WIB

Di Ruang Terbuka, Pemerintah Kampung Mandumpang Gelar Musrenbangdes Periode 2024

M. Yamin - Penulis

TVDesa – Aceh Singkil : Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Pemerintah Kampung Mandumpang Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh singkil yang diselenggarakan di halaman kantor Kampung Mandumpang, Senin (11/12/2023), berlangsung aman danĀ  tertib, walaupun peserta yang hadir mengikuti seluruh rangkaian acara Musrenbangdes, duduk di ruang terbuka.

Mangisi Cibro selaku Kepala Kampung yang baru saja dilantik, memaparkan sejumlah Program Kerja Prioritas yang sangat mendesak dan akan di tuangkan di dalam Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kampung (RKPKamp) di tahun anggaran 2024 mendatang.

Sejumlah program yang akan di prioritaskan untuk dilaksanakan pada tahun 2024, diantaranya adalah perkerasan jalan ke Liang Barat sepanjang 1.000 meter, pembangunan rabat beton sepanjang 200 meter, pengadaan 52 unit mesin pompa air, pembangunan perkerasan jalan Lae Palas sepanjang 3.000 meter, dan pembangunan paret beton sepanjang 500 meter.

Baca Juga |  Masyarakat Sumbar Diingatkan Untuk Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Mangisi menambahkan, bahwa pemerataan pembangunan di Desa itu sangat dibutuhkan oleh warga Desa demi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa, seperti membuka akses jalan menuju perkebunan masyarakat, peningkatan badan jalan menuju persawahan masyarakat, dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMK) baik di bidang unit usaha perkebunan, unit jasa angkutan transportasi dan unit usaha sewa alat pesta.

“Transparansi anggaran itu sangat dianjurkan oleh program dari Kementerian Desa PDTT dan Transmigrasi, setiap warga juga berhak mengawal Program Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa,” ujar Abdul Rahman selaku Pendamping Lokal Desa.

Baca Juga |  Desa Sirimomungkur Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

Warga Desa Mandumpang dalam mengikuti Musrenbangdes tahun anggaran 2024 yang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional, dan rencana pembangunan desa kedepannya, dengan sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian pembahasan sembari duduk di ruang terbuka.

Turut hadir dalam Musrenbangdes tersebut Camat Suro Makmur, Kasi PMD, Babinsa serta Pendamping Desa (PD/PLD).

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon