Home / Kabar Desa

Rabu, 5 Juni 2024 - 05:07 WIB

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Lumajang : Desa Tukum Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, didaulat menjadi salah satu dari 25 desa pilot project atau proyek percontohan untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di desa. Inisiatif tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas inventarisasi informasi dan dokumentasi di tingkat desa.

“Inventarisasi informasi dan dokumentasi bisa lebih rapi dan lengkap, yang pada akhirnya akan memudahkan kami dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,” ujar Susanto, Kepala Desa Tukum.

Penunjukan tersebut sekaligus memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat yang membutuhkan data dan informasi. Dengan informasi yang tersedia dan terorganisir dengan baik, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan penjelasan dan pencerahan mengenai berbagai program, kebijakan, dan layanan yang ada di desa.

Baca Juga |  Dorong Kemandirian Desa Susun RAB, BKAD Way Ratai Gelar Pelatihan Kader Teknik Desa

“Dokumen informasi yang dikelola dengan baik dapat membantu mencerahkan masyarakat yang membutuhkan data dan informasi. Ini sangat penting untuk transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa,” tambah Cak Santo.

Dengan adanya PPID Desa, masyarakat Desa Tukum akan mendapatkan manfaat langsung berupa akses yang lebih mudah dan cepat terhadap informasi yang mereka butuhkan. Hal tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong keterbukaan informasi publik dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Baca Juga |  Kunjungi Ranupani Lumajang, Gus Menteri Sebut Pendamping Desa Anak Kandungnya

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi kepada masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak, kami optimis Desa Tukum akan menjadi desa yang lebih maju dan transparan,” tutup Cak Santo.

Penunjukan Desa Tukum sebagai pilot project PPID Desa menunjukkan langkah konkret dalam meningkatkan tata kelola informasi di tingkat desa, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. (MC Kab. Lumajang/KIM Tukum Mandiri)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik

Kabar Desa

Pulau Serasan di Serbu Kupu-Kupu Kuning, Fenomena Alam yang Memukau