Home / Kabar Daerah

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:14 WIB

Dinas PMD Dalduk dan KB Gelar Workshop Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM)

Aris Nurkholis - Penulis

Workshop Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Bertempat di Hotel Ibis-Novotel, Pada Kamis (13/6/24)

Workshop Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Bertempat di Hotel Ibis-Novotel, Pada Kamis (13/6/24)

TV Desa News- Kulon Progo: Dalam rangka memperkuat intervensi serentak pencegahan stunting di Kabupaten Kulon Progo, Dinas PMD Dalduk dan KB menggelar Workhop Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM). Hal tersebut disampaikan Rahmawati Juwita selaku panitia penyelenggara saat ditemui disela-sela acara workshop pada hari Kamis, 13 Juni 2024 bertempat di Hotel Ibis-Novotel Kulon Progo.

Kegiatan workshop pembinaan kader pembangunan manusia (KPM) ini diikuti seluruh kader di 88 Kalurahan/kelurahan di Kabupaten Kulon Progo. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 186 kader.

Siti Isnaini, S.IP. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan workshop pembinaan kader ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas kader dalam percepatan penurunan stunting, termasuk didalamnya ikut serta mensukseskan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting di Kabupaten Kulon Progo. Lebih lanjut Siti Isnaini yang lebih akrab dipanggil dengan nama bu Isna menyampaikan upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kulon Progo memiliki tantangan tersendiri, mengingat angka prevelensi stunting di Kabupaten Kulon Progo mengalami kenaikan dari 15,8% di tahun 2022 menjadi 21,2% di tahun 2023 berdasarkan survei Kesehatan Indonesia tahun 2023.

“Sehingga perlu upaya lebih keras lagi serta sinergitas yang apik antar lintas sector atau stakeholder termasuk kader pembangunan manusia (KPM) dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kulon Progo.” Ujar Siti Inaini yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Keluarga Berencana, Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo.

Baca Juga |  31 % PAD Kalurahan Srikayangan, Dari Bagi Hasil Usaha BUM Desa

Sementara itu Aris Nurkholis dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Kulon Progo dalam paparan materinya menyampaikan bahwa kader pembangunan manusia (KPM) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tidak bisa berjalan sendirian. “Kader KPM harus mampu menjalin kerjasama, sinergis dan kolaborasi dengan stakeholder lain seperti tim pendamping keluarga (TPK), kader posyandu, TPPS Kalurahan, kader KB, tendik Paud, maupun dengan Pemerintah Kalurahan dan Kapanewon atau Puskesmas.” terang Aris Nurkholis.

Lebih lanjut Aris Nurkholis juga menyampaikan perihal progress pelaksanaan intervensi serentak pencegahan di Kabupaten Kulon Progo per tanggal 12 Juni 2024. Berdasarkan pemantauan data pada laman sigizi terpadu dari Kementerian Kesehatan diperoleh informasi bahwa jumlah balita terdaftar di Kulon Progo sebanyak 21.068 anak. Sebanyak 7.063 balita atau sebesar 33,52% balita telah melakukan penimbangan dan pengukuran di posyandu dan telah terinput kedalam aplikasi e-ppgbm. Artinya capaian sasaran yang hadir di posyandu untuk mendapatkan layanan masih relative kecil karena capaian yang masih dibawah 50 persen.

Baca Juga |  Penjaringan Ibu Hamil Desa Madegondo

“Oleh karena itu kami meminta bantuan kepada seluruh kader pembangunan manusia (KPM) untuk turut serta aktif mengkampanyekan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting dan mendorong sasaran untuk hadir di posyandu. Target cakupan sasaran yang hadir diposyandu untuk mendapatkan layanan pada kegiatan inntervensi serentak ini bisa mencapai 100 persen.” Pungkas Aris Nurkholis yang juga sebagai anggota dalam tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kabupaten Kulon Progo.

Hadir juga sebagai narasumber pada kegiatan workshop pembinaan kader pembangunan manusia (KPM) yaitu dr. Rina Nuryati, MPH. selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan tentang peran kader pembangunan manusia dalam implementasi posyandu integrasi pelayanan Kesehatan primer atau ILP guna percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kulon Progo.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya