Home / Kabar Desa

Kamis, 7 Oktober 2021 - 21:00 WIB

Direktur BUMPekon, Dituntut Makin Strategis

Nurul Hilal - Penulis

TV Desa – Pringsewu : Direktur BUMPekon diharapkan dapat merumuskan langkah-langkah strategis untuk menangkap peluang usaha dengan cara mengoptimalkan potensi Pekon yang ada sehingga bisa menciptakan efek pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Pekon.

“Dengan kerjasama dan sama-sama kerja Insya Allah akan mendatangkan dampak yang cukup signifikan dalam menggerakkan roda perekonomian khususnya di Kabupaten Pringsewu,” papar Ibnu Walidin,Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Lampung, saat menghadiri Pelatihan peningkatan kapasitas bagi Kepala Pekon dan Pengelola BUMPekon Kabupaten Pringsewu Tahun 2021, Kamis (07/10/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli bidang Pengembangan Ekonomi Desa, YD Wulandari, menjelaskan, bahwa di wilayah Kabupaten Pringsewu sendiri, seluruh pekon telah membentuk BUM-Pekon. Akan tetapi masih banyak pekon yang belum memahami cara mengembangkannya. Hal ini disebabkan karena masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai fungsi dan tata kelola BUMPekon itu sendiri.

Baca Juga |  FE Unnes Adakan Penyuluhan Pola Asuh dan Gizi Seimbang di Desa Kemawi

“Peran Kepala Pekon dalam pengelolaan BUMPekon adalah sebagai penasehat, oleh sebab itu Kepala Pekon harus betul-betul faham tentang bagaimana Manejemen pengelolaan BUMPekon yang baik, identifikasi dan pemetaan potensi desa,” tukas YD Wulandari.

YD Wulandari juga berpesan kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sampai dengan selesai. Harapannya, seluruh ilmu yang didapat, akan memberikan manfaat kepada seluruh peserta, tanpa kecuali, dalam mengelola BUMPekon masing – masing.

“Yakinlah, bahwa ekonomi pekon akan membaik seiring dengan peningkatan kualitas pelaksanaan Bum-Pekon di masing-masing Pekon,” pungkas YD Wulandari.

Pelatihan peningkatan kapasitas yang digelar di kampung BW Podosari Pringsewu Lampung, dihadiri oleh seluruh Kepala Pekon, Pengelola BUM-Pekon, dan Kasi pemerintahan kecamatan di kabupaten Pringsewu. Dilaksanakan secara marathon dari tanggal 28-30 September, dan berlanjut kembali pada 05-06 Oktober 2021.

Baca Juga |  Tahun ini, Batas Desa di Kabupaten Sumedang, Ditertibkan

Narasumber dalam peningkatan kapasitas tersebut antara lain, Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pringsewu, Ibnu Walidin Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Lampung, Mohammad Nasir MI Sos, Tenaga Ahli Bidang Pembangunan Partisipasi Masyarakat Kabupaten Pringsewu, dan YD. Wulandan SE Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Pringsewu.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia