Home / Kabar Daerah

Kamis, 7 Maret 2024 - 12:52 WIB

Distan KP Padang Pariaman Gelar Pasar Murah Ringankan Beban Masyarakat

Ali Akbar - Penulis

Gerakan Pasar Murah oleh Distan KP Padang Pariaman di Pasar Rakyat Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (06/03). (Foto Dok.: Nofrinaldi)

Gerakan Pasar Murah oleh Distan KP Padang Pariaman di Pasar Rakyat Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (06/03). (Foto Dok.: Nofrinaldi)

TV Desa – Padang Pariaman : Pemdakab Padang Pariaman melalui Distan KP – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasar Rakyat Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, Rabu (06/03). Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional (BAPANAS).

Hal ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu bentuk upaya untuk memudahkan masyarakat, agar mendapatkan bahan pokok yang lebih terjangkau.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Gerakan Pangan Murah ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan, dengan harga terjangkau dengan tujuan stabilisasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan.

Baca Juga |  Disperpusif dan FKPPD Ngawi adakan study tiru road show literasi Kabupaten Ponorogo

“Kita sangat mengapresiasi event ini dan bertepatan dengan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menyambut kedatangan bulan suci ramadhan, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok sehari -hari, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, tepung, cabe, maupun sayur mayur,” ujar Suhatri Bur lebih dekat disapa Aciak.

Masyarakat terlihat antusias untuk mendapatkan bahan pokok kebutuhan sehari-hari, mulai dari beras, minyak goreng, gula, sayur mayur dan lainnya dalam kegiatan gerakan pangan murah. Disaat menjelang Ramadhan ini, bahan pokok cendrung mengalami kenaikan harga.

Aciak menegaskan, Penyedia Bahan Pangan pada Gerakan Pangan Murah (GPM ) adalah Perum Bulog Sumatera Barat, PT. Japfa dan produsen/distributor bahan pangan lainnya.

Dalam pelaksanaan GPM kali ini didukung oleh Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Bank Nagari dan Bank Mandiri dengan membantu menyediakan kupon/potongan harga kepada masyarakat untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Baca Juga |  Pokdarwis Padang Pariaman Siap Siaga melalui Pelatihan Mitigasi Bencana

Komoditi Bulog: 1) Beras SPHP 1.000 Kg, harga Rp.11.400/Kg. Untuk kemasan 5 kg harga Rp.57.000, 2) Minyak goreng 200 liter, harga Rp.16.500,- per-Liter, 3) Gula pasir 200 Kg, harga Rp.17.500,- per-Kg, 4) Tepung Terigu 200 Kg, harga Rp.12.000,- per-Kg.

Japfa: Telur ayam 100 tray, harga Rp.49.000/tray. Cabai 10 kg, harga Rp.70.000,- per-Kg.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 53 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya