Home / Kabar Pusat

Sabtu, 22 Juni 2024 - 19:52 WIB

Dongkrak Kapasitas Aparatur Desa Melalui ToT, Tingkatkan Efektivitas 17.000 Desa di Indonesia

#Dian Purnama Putra - Penulis

TVDesa – Jakarta : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) menggelar Pelatihan Bagi Pelatih atau Training Of Trainer (ToT) Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan di tiga provinsi, yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Kegiatan yang berlangsung pada 18-22 Juni 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa-desa di Indonesia.

Plh. Direktur Jenderal Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Dr. Drs. Amran MT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ToT ini merupakan kelanjutan dari program yang telah dilaksanakan sebelumnya di tiga provinsi lain, yaitu Aceh, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat. “Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur kecamatan dalam mengelola layanan dasar di desa dengan lebih baik,” ujar Amran.

Lebih lanjut, Amran menjelaskan bahwa ToT ini diikuti oleh 111 peserta dari tiga provinsi tersebut. Para peserta akan mendapatkan berbagai materi pelatihan, seperti kepemimpinan, kemitraan, manajemen pelatihan, pendalaman materi pelatihan aparatur kecamatan frontline service delivery, sinkronisasi perencanaan desa dan daerah, pembinaan dan pengawasan, pengelolaan rumah bersama kecamatan, pemanfaatan dashboard, praktek melatih, serta evaluasi dan rencana kerja tindak lanjut.

Baca Juga |  Mendes PDTT Optimis Luncurkan Desa Peternak, Untuk Dokrak Produksi Daging Nasional

Meningkatkan Sinergi dan Kapasitas Desa

Melalui ToT ini, diharapkan terjalin sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan desa dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa. Selain itu, ToT ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa dengan lebih transparan dan akuntabel.

Hasil yang Diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dari ToT ini adalah:

Tersedianya tim pelatih tingkat kabupaten yang berasal dari berbagai unsur Pemerintah Kabupaten, seperti: Inspektorat, BAPPEDA, Dinas DUKCAPIL, Dinas PMD, serta Bagian Pemerintahan SETDA.
Tersusunnya materi pelatihan bagi aparatur kecamatan frontline service delivery.
Meningkatnya kapasitas aparatur kecamatan dalam mengelola layanan dasar di desa.
Meningkatnya kualitas pelayanan publik di desa.
Langkah Kedepan

Baca Juga |  Pengembangan Desa Wisata Harus Konsisten Lestarikan Lingkungan Hidup dan Kearifan Lokal

Setelah mengikuti ToT ini, para peserta diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam pelatihan aparatur kecamatan di wilayahnya masing-masing. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Pelatihan Bagi Pelatih atau Training Of Trainer (ToT) Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa. Dengan meningkatkan kapasitas aparatur desa, diharapkan pelayanan publik di desa menjadi lebih baik dan masyarakat desa dapat merasakan manfaatnya.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Gandeng FKUB Malut, Kemendes PDTT Berdayakan Desa Inklusif di Malut

Kabar Pusat

Desa Antikorupsi: Membangun Peradaban Berintegritas dari Pelosok Nusantara

Kabar Pusat

Mendagri Minta Jabar Perkuat dan Tingkatkan Kualitas SDM Desa

Kabar Pusat

BRILiaN dan UNS Berikan Sentuhan Ajaib, 15 Desa Ini Siap Jadi Role Model Desa Unggul

Kabar Pusat

Tangkal Urbanisasi: Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Jadi Kunci

Kabar Pusat

Bakal Bahas Ekosistem Pemasaran, Transaksi TTGN XXV Diharapkan Melonjak

Kabar Pusat

Lindungi Pekerja Desa, BPI Kemendes PDTT dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Kabar Pusat

Gelar Teknologi Tepat Guna, Perkuat Ekosistem Inovasi Desa