Home / Kabar Daerah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 03:26 WIB

Donor Darah dan Prioritas Pemkab Pasaman

Mulyadi Putra - Penulis

TVDesa – Pasaman Raya : Pada tahun 2005 silam, Majelis Kesehatan Dunia mengumumkan bahwa tepat pada tanggal 14 Juni jatuh sebagai hari peringatan Donor Darah Sednuia (HDDS).
Hal itu pertama kalinya diperingati pada tahun 1940. Adalah seorang ilmuan yang bernama Richard Lower yang melakukan transfusi darah antara dua anjing tanpa efek samping.
Berangkat dari hal tersebut, maka terobasan dalam dunia medis sangat dimungkinkan untuk dilakukan sebagai teknik transfusi darah modern yang bisa mengobati berbagai kondisi medis. Mulai dari kehilangan darah, anemia maupun kanker.
Hari ini Jum’at, bertepatan tanggal 14 Juni, Sabar AS selaku Bupati Pasaman, selain dari memperingati 20 tahun HDDS, beliau juga membuka secara resmi kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Puskesmas Silayang, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Propinsi Sumatera Barat.


Dalam kesempatannya, Sabar AS juga bercerita, “bahwa kondisi rill Kabupaten Pasaman beberapa waktu yang lalu mengalami kekurangan darah. Persoalan itu tidak saja menjadi momok yang menakutkan. Tapi juga sekaligus kendala dan keluhan yang merata nan dialami di tengah-tengah masyarakat kita.
Oleh karenanya, wajar saja apabila ada sebahagian kecil pasien yang meninggal dunia lantaran kekurangan darah.
Bahkan Bupati sebelumnya (Benny Utama), pernah bercerita kepada saya (waktu itu saya masih menjadi Wakil Bupati beliau), “saya Pak Wabup, jam dua tengah malam pernah ditelpon oleh warga yang mengeluhkan sulitnya akses untuk mendapatkan darah”.
Beda dengan sekarang, saya juga ditelpon oleh masyarakat, tapi mereka mengatakan; Bapak Bupati, terima kasih. Darahnya sudah dapat”, sambung Sabar AS.

Baca Juga |  Ini Keseriusan Sumbar Lestarikan Warisan Budaya Takbenda

Bersama Kita Bisa

Adalah berkat tangan dinginnya Pak Kadis (Kesehatan) yang bekerja sama dengan semua pihak. Baik OPD terkait dengan PMI serta Puskesmas. Dari itu kita malah surplus. Ketersediaan darah sudah terlaksana, terwujud dengan baik. Ini sebuah terobosan dan prestasi luar biasa dalam rangka berkontribusi terhadap peningkatan derjat kesehatan, dan sekaligus implementasi program pemerintah daerah, yaitu Pasaman Sehat.
Dalam kegiatan ini, Bupati Pasaman didampingi oleh beberapa Kepala Dinas; Dinkes, Dinsos, Perpustakaan dan Arsip, DP3AP2KB, PU, DPM, Kesbangpol, Kominfo dan Kabag Kesera. Tak terkecuali Tenaga Ahli Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi Kabupaten Pasaman.
Selain disebutkan di atas, tentu ada juga Bapak Camat Mapat Tunggul Selatan, Wali Nagari Silayang, Kepala Jorong dan Perangkat Nagari beserta para guru: SD, SLTP dan SMA atau sedejarat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa