Home / Kabar Daerah

Minggu, 7 Juli 2024 - 06:43 WIB

DPRD Kalsel Dorong Perangkat Desa Optimal Kelola Keuangan: SDM Jadi Kunci

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Hulu Sungai Utara : Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mendorong perangkat desa di wilayahnya untuk lebih optimal dalam mengelola keuangan desa. Hal ini disampaikannya dalam sambutan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link & Cash Management System Pemda (CMSP) Desa Bank Kalsel bersama Pemerintah Desa se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di G Sign Hotel Banjarmasin, Sabtu (6/7/2024).

Menurut Supian, yang juga merupakan anggota DPRD Kalsel terpilih untuk ketiga kalinya dari daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan, dan Tabalong, pembangunan di tingkat desa tidak hanya membutuhkan pemerintahan yang efektif, tetapi juga pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Baca Juga |  Sinergi Dan Kolaborasi Antara Desa Petani Peternak UMKM Menuju Potensi Wisata

“Oleh karena itu, Bimtek desa ini menjadi salah satu upaya meningkatkan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) terkait pengelolaan keuangan desa,” jelas Supian HK di hadapan ratusan perangkat desa “Bumi Agung”, HSU.

Ia menegaskan, pemerintah desa, baik kepala desa maupun perangkat desa, harus betul-betul memahami tentang pembangunan daerah pada umumnya dan pembangunan desa khususnya.

“Dengan pemahaman yang baik, diharapkan pengelolaan keuangan desa di Kalsel dapat semakin optimal dan akuntabel, sehingga dapat mendukung pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Supian HK.

Baca Juga |  Pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Kudus

Bimtek Siskeudes Link & CMSP Desa Bank Kalsel ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan ekosistem pemerintahan desa yang lebih mandiri dan berdaya saing. Melalui bimtek ini, perangkat desa diharapkan dapat memahami tata cara pengelolaan keuangan desa yang benar, mulai dari perencanaan, penatausahaan, hingga pelaporan.

Selain itu, Bimtek ini juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah desa, Bank Kalsel, dan instansi terkait lainnya dalam pengelolaan keuangan desa.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca dan Menulis Kunci Menuju Masa Depan Gemilang

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024