Home / Kabar Daerah

Sabtu, 6 Juli 2024 - 18:22 WIB

Dua Desa di Klungkung Jadi Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Bersih Narkoba

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Klungkung : Dua desa di Kabupaten Klungkung, Bali, yaitu Desa Tegak di Kecamatan Klungkung dan Desa Suana di Kecamatan Nusa Penida, ditunjuk sebagai model percontohan Desa Ramah Perempuan Peduli Anak Bersih dari Narkoba (DRPPA-BERSINAR) Tahun 2024.

Penunjukan ini diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Klungkung untuk mewujudkan Kabupaten Ramah Perempuan dan Peduli Anak. Hal ini disampaikan oleh Pj. Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika, dalam sambutannya di Balai Serba Guna, Desa Tegak, Klungkung, Sabtu (6/7/2024).

“Kami berharap dengan adanya bimbingan dan arahan dari berbagai pihak, program DRPPA-BERSINAR ini dapat sukses di Desa Tegak dan Desa Suana, dan selanjutnya dapat direplikasi di seluruh desa di Kabupaten Klungkung,” ujar Jendrika.

Menurutnya, perempuan dan anak sebagai bagian penting dari pembangunan desa harus diakui keberadaannya dan dipenuhi hak-haknya. Keduanya juga perlu dilibatkan dalam pengambilan keputusan strategis di desa.

Baca Juga |  Idah Syahidah : Serap Aspirasi Keterlibatan Perempuan Gorontalo dalam Perspektif Hukum Adat

“Pemerintah desa perlu berkomitmen agar perempuan dan anak dapat berpartisipasi aktif dalam perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan desa,” tegas Jendrika.

Jendrika menambahkan, terkait peraturan adat (awig-awig adat), banyak desa di Klungkung telah menerapkan peraturan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, seperti TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat), KTR (Kawasan Tanpa Rokok), Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Zat Adiktif, dan Pencegahan Pernikahan Anak di Bawah Usia 18 Tahun.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, yang turut hadir dalam acara tersebut, menegaskan bahwa pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak yang terbebas dari bahaya narkoba harus disinergikan dan dikolaborasikan oleh berbagai pihak.

Baca Juga |  KWT Desa Tenggak Sragen Olah Ikan Patin Jadi Abon dan Kerupuk

“Desa Ramah Perempuan & Peduli Anak yang Bersinar (Bersih dari Narkoba) ini merupakan momentum dan awal yang baik untuk membangun sinergi dan kerja nyata dalam pemberdayaan perempuan dan anak,” jelas Bintang Puspayoga.

Ia pun meminta Bupati Klungkung untuk mendorong pelaksanaan DRPPA di semua desa dan dapat direplikasi di seluruh desa di Kabupaten Klungkung.

Penunjukan Desa Tegak dan Desa Suana sebagai model DRPPA-BERSINAR diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan Kabupaten Klungkung yang ramah perempuan, peduli anak, dan bersih dari narkoba. Dengan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif

Kabar Daerah

Dana Desa Sampang 2024: Kucuran Dana Fantastis untuk Bangun Desa

Kabar Daerah

Percepatan Penanganan Dampak Bencana Sumbar : Misi Gempuran Gubernur Mahyeldi ke BNPB

Kabar Daerah

Jalan Padang Panjang-Sicincin Ruas Lembah Anai Kembali Dibuka, Sistem Buka Tutup diberlakukan

Kabar Daerah

254 Desa di Lombok Timur, Kembangkan Homestay untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan