Home / Kabar Desa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 12:47 WIB

Dua Desa Wisata di DKI Jakarta Lolos 100 Besar ADWI 2021

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa – Jakarta : Dua desa wisata di DKI Jakarta berhasil lolos sebagai 100 besar dalam tahap kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf).

Dua desa wisata yang lolos 100 besar tersebut adalah Desa Wisata Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, dan Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi Jakarta Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengumumkan 100 besar desa wisata yang berhasil meraih Anugerah Desa Wisata 2021 dari seluruh Indonesia melalui official YouTube Kemenparekraf, Jumat (20/08/2021).

Sandiaga mengatakan, ADWI 2021 digelar untuk mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Baca Juga |  Wamenkeu Sebut 2,87 Juta KPM Nikmati BLT Desa per 24 Agustus 2023

Ia mengatakan, seleksi dilakukan berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data.

“Kini pada tahap selanjutnya, dengan bangga saya umumkan 100 besar desa wisata. Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ujar dia yang kemudian diiringi daftar desa wisata yang lolos.

Sebelumnya, telah diumumkan 300 besar desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia. Di Provinsi Jakarta sendiri, terdapat lima desa wisata yang mencapai seleksi 300 besar.

Tiga desa wisata lainnya adalah Desa Wisata Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu, Desa Wisata Condet di Jakarta Timur, dan Desa Wisata Kampung Bhinneka di Jakarta Pusat.

Secara keseluruhan, ada 1.831 desa yang mendaftar dari seluruh Indonesia.

Baca Juga |  Lantik Perangkat Desa, Kades di Jombang Ini Minta Tidak Saling Curiga

ADWI 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Kegiatan ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ini, yaitu penerapan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

Sandiaga mengatakan, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di antaranya berpotensi menjadi desa wisata.

 

Berita ini 60 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024