Home / Kabar Desa

Minggu, 26 Mei 2024 - 13:15 WIB

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Padang Pariaman : Sebanyak 35 pemuda yang berasal dari 7 Korong, di Nagari Kurai Taji, Padang Pariaman, Sumatera Barat, selama 1 hari penuh mengikuti pelatihan dasar-dasar jurnalistik dan bagaimana menerapkan ilmu itu ditengah masyarakat sekaligus praktek langsung, yang diadakan oleh duta digital Padang Pariaman.

“Sebagai bentuk kepedulian kita kepada pemuda-pemudi di sini. Kita bekerjasama dengan duta digital agar kegiatan ini berlangsung secara serius dan peserta memperoleh ilmunya. Kita harap ilmu ini bermanfaat bagi peserta, agar bisa digunakan dimanapun berada,” kata Syukri, Wali Nagari Kurai Taji dalam sambutannya, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Syukri berharap usai mengikuti pelatihan tersebut, seluruh peserta dapat menjadi jurnalis warga yang mampu melaporkan peristiwa yang terjadi di wilayah setempat.

Baca Juga |  TPP Aceh Singkil Gelar In Service Training Peningkatan Kapasitas Pendampingan Masyarakat

“Hadirnya jurnalis warga nantinya juga bisa membatu setiap Korong di Kurai Taji bisa membuat rilis setiap kegiatan diadakan,” sambungnya.

Secara terpisah, Duta Digital Padang Pariaman yang juga salah satu kontributor detikcom di Sumbar, Muhammad Afdal Afrianto, mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan pihaknya bersama Nagari Kurai Taji sebagai bentuk kepeduliannya dalam mendukung kemajuan teknologi berbasis karya jurnalistik di Padang Pariaman.

“Kita terus mendorong kemajuan teknologi di Padang Pariaman. Hal ini kita mulai dengan menghadirkan pemateri jurnalistik agar masyarakat bisa memahami pentingnya ilmu jurnalistik saat ini,” tuturnya.

Arfinaldi berharap hasil tulisan yang diperoleh oleh peserta tidak berhenti di hari itu saja. Dia berharap pemuda-pemudi itu terus membuat konten jurnalistik berbasis warga.

Baca Juga |  Anda Ingin jadi Orang Sukses? Kenali Ciri-cirinya!

“Kita tentu terus menunggu karya peserta. Karena kejadian sekitar mereka sangat banyak yang harus dilaporkan. Nantinya mereka juga bisa membantu pemerintah nagari dalam melaporkan kejadian di sini berbasis jurnalis warga,” harapannya.

Arfinaldi terus mendorong nagari yang ada di Padang Pariaman juga mengikuti jejak Nagari Kurai Taji dalam mengadakan pelatihan jurnalistik.

“Kita duta digital Padang Pariaman selalu didukung oleh kementrian desa untuk kemajuan teknologi di setiap desa, terkhusus di Padang Pariaman. Jadi kalau ada nagari yang ingin mengikuti jejak Nagari Kurai Taji kami siap membantu,” tutup Arfinaldi yang merupakan anggota AJI Padang dan SIEJ Simpul Sumbar.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia

Kabar Desa

Pasar Simpang Tiga Bangkit Kembali Di Bawah Pengelolaan Desa

Kabar Desa

Kidung Buhun dan Semangat Gotong Royong Warnai Babarit Lembur Desa Cageur