Home / Kabar Pusat

Jumat, 20 Agustus 2021 - 17:09 WIB

Enam Website Kementerian dan Lembaga RI Tidak Bisa Diakses Normal

013 Ismail Muridan - Penulis

Screenshoot laman situs web Kemendesa PDTT.

Screenshoot laman situs web Kemendesa PDTT.

TV Desa – Pangkal Pinang : Situs web resmi sejumlah kementerian dan lembaga dikabarkan tidak bisa diakses pada Jum’at (20/08/2021).

Informasi yang beredar melalui pesan berantai di WhatsApp Grup (WAG) menyebutkan, gagal akses tersebut diduga akibat adanya gangguan pada sistem Telkom.

Disebutkan, gangguan dialami oleh website Kementerian Desa dan PDTT sehingga semua domain Kementerian ini tidak ada satupun yang bisa diakses.

“Mohon ijin update terkait gangguan yang terjadi tidak bisa diaksesnya semua domain kemendesa.go.id,” isi pesan tersebut, yang diterima redaksi, Jum’at (20/08/2021) sekitar pukul 12.52 WIB.

Berdasarkan isi pesan, disebutkan bahwa gangguan diduga berasal dari sistem yang ada di telkom, berdasarkan analisa Tim Supporting Telkomhosting.

Masih menurut informasi tersebut, gangguan tak hanya dialami web milik Kemendes melainkan pada kementerian dan lembaga lainnya. Tercatat enam web ikut terdampak, yakni kemenpar.go.id, dephut.go.id, kemenpppa.go.id, bpkp.go.id serta bkn.go.id.

Baca Juga |  Sekjen Kemendes Apresiasi Desa-Desa Inovatif

Diketahui saat ini pihak Telkom tengah melakukan perbaikan agar situs web tersebut dapat kembali diakses, melalui pemindahan ke data center (DC) lainnya.

“Gangguan sistem saat ini sedang diupayakan perbaikannya dengan mencoba memindahkan ke DC telkom lain, dan membutuhkan waktu untuk progasi sistemnya,” tutup info tersebut.

Media ini mencoba mengakses sejumlah situs web kementerian tersebut melalui Chrome maupun browser bawaan smartphone. Situs web milik Kemendes PDTT misalnya, hanya memunculkan halaman putih dengan tulisan “Situs ini tidak dapat dijangkau”.

Baca Juga |  Gus Halim Dukung Pemanfaatan Potensi Desa untuk Desa Wisata

Namun akses berhasil dilakukan melalui browser Opera Mini tanpa menemukan kendala apapun. Hal yang sama dicoba mengakses dengan berbagai browser, menggunakan Virtual Private Network (VPN). Dan terbukti bisa diakses sempurna.

Dilansir dari berbagai sumber, VPN merupakan perangkat lunak yang memberikan akses ke website secara aman dan bersifat pribadi.

Berita ini 60 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Jalin Erat Silaturahmi, KBM  Sumbar Gelar Buka Puasa Bersama*

Kabar Pusat

Kenaikan Tukin, Gus Halim: Momentum Peningkatan Semangat Kerja

Kabar Pusat

Gus Halim: Redistribusi Uang saat Mudik Lebaran Perkuat Desa Wisata

Kabar Pusat

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemendes PDTT Disetujui Naik Jadi 80 Persen

Kabar Pusat

Mendagri Harap UU Desa Jadi Terobosan Tingkatkan Kinerja Pemdes

Kabar Pusat

Paripurna DPR Setujui RUU Desa Jadi Undang-Undang

Kabar Pusat

Kemendes Catat Pendapatan Warga Desa Meningkat 80 Persen

Kabar Pusat

Gus Halim Minta Pengurus BUMDesa Dipilih Lewat Musdes