Home / Kabar Daerah

Senin, 6 Desember 2021 - 12:40 WIB

Evaluasi Data IDM 2021, Barenlitbangda Kab. Semarang Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Asrodin - Penulis

TV Desa – Kab. Semarang : Penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 telah usai di pertengahan tahun, namun hasilnya ada beberapa yang belum sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk itu, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) menggelar Rapat Evaluasi dan  koordinasi dengan mengundang Dinas PMD, Tenaga Ahli Kabupaten dan Kasi yang membidangi di tingkat Kecamatan serta satu orang operator tingkat kecamatan.

Rapat digelar di Aula Barenlitbangda Kab. Semarang (6/12), dibuka oleh Plh, Kepala Barenlitbangda, Muhamad Muslih, SE. dalam sambutannya, beliau menekankan agar kedepan ada peningkatan status IDM di tahun 2022, setiap kuesioner agar diisi dengan data sebenar-benarnya sesuai fakta di lapangan.

Baca Juga |  Prestasi Muna Barat: Kisah 15 Desa Tertinggal yang Bangkit Menuju Maju

“Kalau desa dilewati angkutan umum, ya diisi ada. sehingga menambah poin indeks, begitu juga dengan item pertanyaan lainnya, diisi sesuai fakta di lapangan”, jelas pria yang pernah menjabat Sekretaris Kecamatan Jambu dan Suruh ini.

Selanjutnya, Koordinator TA Kab. Semarang, Ida Nuraini, S.Ag, menekankan dalam input IDM, ia berharap ada perubahan status desa setiap tahun, dari berkembang menjadi maju, dan dari maju menjadi mandiri, sehingga Dana Desa yang telah digelontorkan sejak 2015 ada perkembangannya.

“Dana Desa (DD) yang dianggarkan dari APBN setiap tahun diharapkan ada hasilnya yang dilihat dari perkembangan data IDM dari tahun ke tahun” tegasnya.

Baca Juga |  Musrenbangdes Desa Jimbaran Tahun 2021

Perwakilan Dispermasdes, Daniko, S.Kom, menyatakan bahwa IDM harus dikawal setiap jenjang, mulai dari desa, kecamatan dan kabupaten. tugas kecamatan dan kabupaten adalah memverifikasi hasil IDM, apabila ada yang kurang sesuai, ia berharap agar dikomunkasikan dengan desa lagi, sehingga hasilnya sesuai dengan fakta yang ada di desa.

Ia juga berjanji, untuk penginputan IDM tahun depan, Dispermasdes Kab. Semarang akan mengadakan bimbingan teknis kepada Operator IDM tingkat desa dan kecamatan terlebih dahulu, dan diharapkan hasil yang diinput sesuai dengan data di lapangan, dan ada peningkatan status dari tahun ini. Semoga.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 300 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya