Home / Kabar Daerah

Senin, 1 Juli 2024 - 12:37 WIB

Festival Film Purbalingga 2024 Dibuka di Desa Kalikajar, Semarakkan Layar Tanjleb Banyumas Raya

009 Setiyo Haryono - Penulis

TV Desa – Purbalingga: Festival Film Purbalingga (FFP) 2024 resmi dibuka di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga pada Sabtu malam (29/6/2024). Pembukaan festival film tahunan ini menandai dimulainya program Layar Tanjleb yang akan digelar di 35 titik desa dan kelurahan di lima kabupaten Banyumas Raya: Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Kebumen.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan pemukulan alat musik tradisional Cengklung, pertunjukan kembang api, serta tepuk tangan dan sorak sorai ratusan warga yang hadir. Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Dirjen Kebudayaan, Kemdikbudristek dalam sambutannya yang dibacakan Staf Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Film Candra Eko Mawarid menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan FFP yang telah memasuki usia ke-18 tahun.

Baca Juga |  Gandeng Perpusda Banjarnegara, Ponpes Hamidatus Syuhada Giatkan Gerakan Literasi Pesantren

“FFP telah berkembang menjadi festival film daerah yang besar dan mampu melahirkan sineas-sineas baru serta menjadi ruang bagi ide-ide kreatif yang memberikan dampak positif pada ekosistem perfilman di Banyumas Raya dan Indonesia,” tuturnya.

Pada malam pembukaan, ditayangkan beberapa film pendek dan dokumenter pendek dari kategori kompetisi pelajar, non-kompetisi, dan film panjang. Film-film tersebut antara lain “Sambangan” karya Ulfiatunnisa, “Murni” karya Revita Dwi Meysa Putri, “Bendera Sholawat” karya Keyzia Faninda Putri, “Transhtalk” karya Rizzcool, “Balada Pengantin Baru” karya Paulus Ananda Khrisna Agathis, “Yati” karya Arfiyan Dewa, dan film panjang “Srimulat: Hidup Memang Komedi” karya Fajar Nugros.

Kemeriahan FFP 2024 tidak hanya dinikmati oleh para pencinta film, tetapi juga membawa berkah bagi para pelaku UMKM di Desa Kalikajar dan sekitarnya. “Senang sekali, acara ini ramai dan banyak sekali warga yang datang,” ungkap Kurniawan, salah satu warga Desa Kalikajar. “Ini menjadi kesempatan bagi kami untuk menjajakan dagangan dan mendapatkan penghasilan tambahan.”

Baca Juga |  Pojok Baca Desa Karangtalun : Wujudkan Masyarakat Gemar Membaca dengan Konsep yang Menarik dan Inovatif!

FFP 2024 akan berlangsung hingga 27 Juli 2024, dengan program Layar Tanjleb yang digelar di lima kabupaten dan pekan terakhir di Bioskop Misbar Purbalingga. Festival ini diharapkan dapat menghadirkan film-film berkualitas bagi masyarakat dan mengedukasi mereka tentang budaya dan tradisi Indonesia.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan