Home / Kabar Desa

Sabtu, 4 September 2021 - 10:21 WIB

Fokus pemulihan ekonomi, Pemdes Sarwogadung rencanakan bangun pasar desa

019 Murtado - Penulis

TV Desa – Kebumen : Musrenbangdes Pembahasan Rancangan RKPDes tahun 2022 Desa Sarwogadung telah dilaksanakan hari  Jumat (3/8) kemarin.

Bertempat di Gedung Pertemuan Warga Kompleks Balai Desa Sarwogadung, acara rutin tahunan ini dihadiri Muspika Kecamatan Mirit dalam hal ini dihadiri oleh Sekcam Mirit Slamet Saebani, S. Sos dan Kasi Tapem, Danramil atau yang mewakili,  Kapolsek atau yang mewakili, perwakilan OPD antara lain Puskesmas, Distapang, Dinas PU PR, KKP, serta pemangku kepentingan desa lainnya seperti BPD, LKMD,  KPMD, Perwakilan Perempuan.

Musrenbangdes kali ini menghasilkan beberapa perencanaan yang diharapkan sesuai dengan kehendak masyarakat dan tidak menyimpang dari regulasi yang ada.

Baca Juga |  Pasar Minggu Wage ala Desa Menawan

Salah satu rencana yang menarik adalah Pembangunan Pasar Desa, yang diharapkan bisa menjadi salah satu sarana pemulihan ekonomi masyarakat desa yang lesu dikarenakan penyebaran COVID 19.

Rencana Pasar Desa Sarwogadung

“Pasar diharapkan nantinya menjadi salah satu bidang usaha bumdes. ” Papar Akhmad (64) Kepala Desa Sarwogadung saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penganggaran telah disesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan desa, salah satunya untuk antisipasi COVID 19. Wujud penganggarannya antara lain BLT dari Dana Desa (DD),  maupun PPKM.

Selain antisipasi COVID 19 secara langsung, masih ada penganggaran untuk Padat Karya Tunai Desa (PKTD)  Perekonomian, maupun PKTD 50:50 murni.

Baca Juga |  Ikhtiar Pemdes Kopeng, Naikkan Insentif Sampai Tingkat RT/RW

Tidak terlupakan juga penyuksesan program program RKPD Kabupaten seperti program ‘nandur wit kanggo anak putu’. Wujudnya adalah dengan pemberian bibit tanaman buah yang produktif. Kalau bisa bibit tanaman yang bisa berbuah setelah 2 tahun dari masa tanam.

Panitia penyelenggara acara ini sigap dalam persiapan. Dibuktikan dengan antisipasi kehadiran peserta yang dibatasi 50% dari kapasitas gedung. Penyiapan masker untuk yang tidak membawa,  serta sarana cuci tangan maupun hand sanitizer. (moer)

 

Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024

Kabar Desa

“Pecah Telur” Desa Se Kecamatan Kedondong Sudah Salurkan BLT DD

Kabar Desa

Penjaringan Aspirasi Masyarakat Dusun Podomoro Pekon Negri Agung Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Fraksi PDI-P Wahyu Agus Fediawan B,Bus

Kabar Desa

Camat Kedondong : 10 dari 12 Desa Sudah Salurkan BLT DD Triwulan 1

Kabar Desa

Tingkatkan Gizi Masyarakat, Pemdes Gunung Sugih Realisasikan Program Ketahanan Pangan Hewani