Home / Kabar Daerah

Rabu, 7 September 2022 - 06:36 WIB

Forum BUM Desa Indonesia Kabupaten Sragen Audiensi Ke Pemkab

Ady GMPK - Penulis

Audiensi Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Sragen diterima Asisten Setda

Audiensi Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Sragen diterima Asisten Setda

TVDesa – Sragen : Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Sragen melakukan audiensi terkait perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Kabupaten Sragen dengan Bupati Sragen (6/9). Audiensi yang ditemui oleh Asisten Setda bertempat di Ruang Rapat DPMPTSP, dihadiri oleh Kabag Pemerintahan Desa, Kepala Diskumindag, Dispora, Kesbangpol, Dinas PMD, Bappeda.

“Audiensi kita lakukan menindaklanjuti perkembangan BUM Desa di Kabupaten Sragen. Setelah pengukuhan pada 5 Agustus 2022, FBI Kabupaten Sragen terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan oleh FBI”, Jelas Sumarno, Ketua FBI Kabupaten Sragen.

Program Kerja

Program Kerja FBI Kabupaten Sragen adalah sebagai berikut : Pertama, mendampingi teman-teman pengelola BUM Desa dalam mempersiapkan berkas badan hukum BUM Desa dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) BUM Desa. Kedua, kerjasama dengan PT Indosat dalam program penjualan HP Bundling dengan nomor pascabayar Indosat.

Ketiga, penjualan Cloud Voice Lite (CVL) untuk lembaga atau kantor atau perusahaan yang belum memiliki nomor telepon tetap. Keempat, penjualan internet yang resmi sesuai dengan regulasi pemerintah. Kelima, budidaya tanaman kapas, dimana nantinya BUM Desa yang akan berperan jadi offtaker kapas tersebut. Keenam, digitalisasi BUM Desa.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Meninjau Persemaian Modern Rumpin Bogor

Ketujuh, kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dalam melakukan sertifikasi keahlian dari BNSP. Kedelapan, kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan cabang Sragen. Kesembilan, penggunaan aplikasi sistem laporan keuangan BUM Desa dalam membantu BUM Desa membuat laporan keuangan.

Saat ini di Sragen sudah ada 156 BUM Desa yang terdaftar dalam pendaftaran badan hum BUM Desa. Dari total tersebut ada 55 BUM Desa yang sudah terverifikasi dokumen dan mendapatkan sertifikat badan hukum. 16 BUM Desa sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). 83 BUM Desa terverifikasi nama, 1 BUM Desa melakukan pendaftaran berkas badan hukum dan 17 BUM Desa perbaikan dokumen badan hukum.

Baca Juga |  Ubok Sekicing : Evaluasi objektif terhadap BUMDes saat ini

Berbagai kendala juga dihadapi oleh BUM Desa di Kabupaten Sragen dalam mengembangkan usahanya. Faktor yang paling mempengaruhi adalah kurangnya pendampingan di lapangan terkait berbagai macam aspek. Salah satunya adalah kurangnya sosialisasi langsung kepada BUM Desa terkait masalah regulasi tentang BUM Desa. Selain itu, pendampingan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban dan laporan keuangan juga dibutuhkan. Bukan hanya sekedar share file saja tanpa adanya tatap muka dan penjelasan.

Dengan adanya audiensi ini, FBI Kabupaten Sragen berharap pemkab Sragen mendorong agar BUM Desa di Sragen bisa lebih maju secara kualitas dan kuantitas, bukan hanya dibutuhkan saat ada permintaan laporan dari atas terkait perkembangan BUM Desa di Kabupaten Sragen. Kebijakan yang mendukung BUM Desa sangat dibutuhkan. Karena, bila BUM Desa maju, juga akan membawa nama kabupaten Sragen juga maju.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 68 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya