Home / Profil

Selasa, 12 September 2023 - 23:09 WIB

Gandeng Perpusda Banjarnegara, Ponpes Hamidatus Syuhada Giatkan Gerakan Literasi Pesantren

009 Setiyo Haryono - Penulis

TVDesaNews.id: Pesantren sebagai basis pendidikan Islam Indonesia sudah semestinya menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berakhlakul Karimah. Tidak hanya unggul dalam bidang literasi agama, tetapi juga maju dalam bidang literasi pengetahuan umum.

Hal ini menjadi program yang dikembangkan oleh ponpes Hamidatus Syuhada Kincang Rakit Banjarnegara. Sebagai langkah awal pihak pesantren telah mendirikan perpustakaan sebagai sumber referensi pengajarannya. Selain itu juga melakukan sinergi dengan perpustakaan Daerah kabupaten Banjarnegara sebagai stakeholder yang menyediakan bahan literasi.

Naraswari dan Tim Perpustakaan Keliling dari perpusda Banjarnegara didampingi Fasilitator Literasi Jateng Setiyo Haryono saat melaksanakan program Literasi Pesantren di ponpes Hamidatus Syuhada Kincang Rakit Banjarnegara (12/9/2023

Sebagai wujud sinergi, pihak pesantren mendapatkan kunjungan Perpustakaan Keliling dari perpusda Banjarnegara pada Selasa 12 September 2023. Hal ini disambut positif oleh pengasuh KH. Rois.

Baca Juga |  Asdar Rannuang, Kisah Pemuda Inspiratif, Dari Desa Pattaneteang

“Kami berterima kasih atas kunjungan pihak perpustakaan Daerah kabupaten Banjarnegara di pesantren ini, semoga dapat menambah kegemaran santri di ponpes ini” ungkap KH. Rois kepada tim dari perpusda Banjarnegara.

Petugas perpusda sedang melayani para santri memilih buku saat melaksanakan program perpustakaan Keliling di ponpes Hamidatus Syuhada Kincang Rakit Banjarnegara

Setelah mobil perpustakaan keliling tiba, para santri dengan penuh antusias langsung menyerbu buku – buku yang disediakan. Setelah sebelumnya mendapat motivasi literasi dari Bu Naraswari dari pihak perpusda .

Naraswari DP dari perpusda Banjarnegara sedang memberi motivasi literasi kepada para santri ponpes Hamidatus Syuhada Kincang Rakit Banjarnegara 12/09/2023)

“Membaca itu perlu pembiasaan, sebelum nantinya menjadi kebiasaan. Sehingga adik-adik santri perlu berlatih membaca sejak dini.” Jelas Naraswari kepada puluhan santri Hamidatus Syuhada Kincang Rakit Banjarnegara

Baca Juga |  Bina Pustaka Nagari, Kunjungi Sekolah, Tingkatkan Minat Baca di Agam

Menurut Setiyo Haryono, yang merupakan Fasilitator Literasi Jawa Tengah, bahwa program Literasi Pesantren ini sangat penting, mengingat tantangan zaman makin kompleks, Sehingga para santri perlu dibekali dengan literasi yang komplit.

“Saat ini tantangan kita makin kompleks, perkembangan IPTEK keniscayaan setiap dari kita menyiapkan diri dengan gemar berliterasi. Tidak kecuali para santri sebagai benteng pertahanan moral suatu bangsa” tegasnya kepada para santri dan tim dari perpusda Banjarnegara.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 39 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Profil

Menjelajahi Desa Raksasa: Long Sule, Sang Juara Luas di Indonesia

Profil

Ibu PKK Jatijejer Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Bernilai Ekonomis

Profil

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren: Padukan Rasa Syukur, Gotong Royong, dan Semangat Pelestarian Budaya

Profil

Desa Wisata Pentingsari: Dari Dusun Miskin Menjadi Desa Wisata

Profil

Desa Lok Batung: Bukti Nyata Kegigihan Menuju Bebas Stunting

Profil

Semangat Jimpitan Membangun Desa: Kisah Sukses Desa Gunung Makmur

Profil

Water Defender Ponggok: Juru Kunci Keberlangsungan Mata Air

Profil

Pacerakkang: Bukti Nyata Keindahan Kerukunan dan Toleransi