Home / Kabar Desa

Rabu, 29 Mei 2024 - 18:35 WIB

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Adi noto - Penulis

TVDesa – Pasuruan : Prestasi Pemdes Randupitu dalam pengolahan sampah (nol sampah ke TPA) bagai gula yang digandrungi semut. Daerah-daerah lain terpantau datang mengunjungi Randupitu untuk melihat dan belajar dari dekat.

Contohnya saja bulan ini. Sudah ada 2 daerah datang ke Randupitu. Yakni Desa Jepang, Mejobo, Kudus (11/5) dan perwakilan Pemdes se-Kecamatan Junrejo, Batu (28/5).

“Kami ingin meningkatkan kemampuan pemuda-pemuda di desa kami dalam mengolah sampah. Keberhasilan Randupitu membuat kami tertarik meniru langkah-langkahnya,” terang Kades Jepang Ndarto.

Sedangkan menurut Anggota DPRD Kota Batu, Sampurna, kunjungan ke Randupitu bertujuan menambah wawasan dan ilmu bagi kader-kader lingkungan. Setelah itu, ia berharap hasil kunjungan dapat diterapkan di Junrejo.

Baca Juga |  Dari WNA Jepang, Petani Nagari Sungai Abu Dapatkan Ilmu Pertanian Synecoculture

“Masalah sampah masih menjadi problem. Saya harap kunjungan ini dapat menambah wawasan dan inspirasi kami. Sehingga bisa menghapus stigma sampah adalah sumber masalah,” jelasnya.

Selama di Randupitu, dua tamu itu diajak melihat secara langsung pengolahan sampah sistem Refused Derived Fuel (RDF) menggunakan mesin ciptaan PT Kemasan Ciptatama Sempurna (KCS).

“Kami ajak berkeliling ke tempat pengolahan sampah. Kami juga jelaskan teknis pengoperasiannya,” terang Kades Randupitu Mochammad Fuad.

Tak hanya memberikan penjelasan teknis, Kades gemoy ini juga menekankan pentingnya sinergi antara warga-pemerintah-pihak ketiga.

Baca Juga |  Kelompok Tani Suak Nibong Juara LAT PA Tingkat Kecamatan Tangan-tangan

“Bantuan dari pemerintah pasti diharapkan. Cara lainnya bisa juga dengan bantuan pihak ketiga. Seperti PT KCS ini,” ungkapnya.

Pihak ketiga ia sebut punya peran yang strategis. Sebab, mengandalkan bantuan pemda saja jelas tak meng-cover percepatan penanganan sampah.

“Kami yakin Desa Jepang dan desa di Junrejo bisa seperti kami. Bahkan melampaui kami. Karena mereka berpotensi didukung pihak ketiga lebih banyak dari kami,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia