Home / Kabar Pusat

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:34 WIB

Gelar Puncak Program OVOY, Membangun Negeri dari Desa

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa – Jakarta : Ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, berkumpul secara daring, untuk mengikuti acara puncak program One Village One YouTuber (OVOY) #daridesauntuknegeri di Great Western Resort, Kota Tangerang pada Rabu (23/2/2022).

“Hari ini bukan penutupan. Tapi hari ini adalah kick-off bagi para YouTuber yang telah lolos dalam kawah candradimuka untuk terjun langsung ke lapangan dan segera menyebarkan potensi desa seluas-luasnya,” papar Amalia Prabowo, Direktur Utama Ekosistem ExportHub.id sekaligus penanggung jawab OVOY.

Inisiasi program OVOY, bertujuan untuk mencetak anak muda menjadi agen pembangunan desa yang mengangkat kebudayaan, produk, serta pariwisata daerah. YouTuber dan Head of GeTI TV, Tulang Tio, menuturkan OVOY bermula dari tingginya minat pemuda terhadap salah satu profesi industri kreatif terkini, yakni YouTuber.

Baca Juga |  Mendes PDTT: Kebersihan Jadi Kunci Keberhasilan Desa Wisata

Sementara itu, Kemendes PDTT, memberikan dukungan positifnya terhadap penyelenggaraan program OVOY ini.

“Saya berharap teman-teman yang telah mengikuti rangkaian OVOY bisa mempromosikan produk-produk, kelebihan-kelebihan, bahasa, serta pariwisata desa dengan baik melalui digital,” tutur Samsul Widodo, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kemendes PDTT.

Samsul mengatakan bahwa program OVOY berpotensi besar membawa desa Indonesia untuk meningkatkan pembangunan daerah.

Acara daring yang juga disiarkan channel TV Desa secara langsung melalui jaringan satelit Asiasat9-KUGOSKY ini, juga turut dihadiri oleh CEO TV Desa, Suryokoco Suryoputro; Kepala Divisi Layanan TI untuk Masyarakat Bakti Kominfo, Ari Soegeng Wahyuniarti; YouTuber kenamaan Aldivo, Aulion; serta penyanyi Shanna Shannon dan Syarla.

Baca Juga |  Insentif Aparatur Desa di Kutai Timur Bakal Naik

Ambisi besar OVOY untuk memberdayakan anak muda daerah, sekaligus tekad untuk menaikkan tingkat literasi digital anak muda daerah dengan memberikan kompetensi kreatif sebagai dasar mereka untuk menjadi kreator konten berbasis digital, kiranya patut diapresiasi semua pihak.

Program strategis besutan LPK GeTI Incubator, bekerja sama dengan Kemendes PDTT, TV Desa, dan Bakti Kominfo ini telah dilakukan selama tiga minggu melalui inkubasi. OVOY berhasil mengumpulkan 530 peserta dari seluruh Indonesia, membagikan 6 kelas YouTuber gratis, serta hadiah produktif senilai total Rp100 juta rupiah bagi 5 orang pemenang.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 235 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Gelar Teknologi Tepat Guna, Perkuat Ekosistem Inovasi Desa

Kabar Pusat

UIN Goes Global: 5.500 Mahasiswa Membangun Desa di Nusantara

Kabar Pusat

RKDD: Wadah Kembangkan Diri dan Desa di Era Digital

Kabar Pusat

BUM Desa: Pemetaan Bentang Jadi Kunci Menuju Kesuksesan

Kabar Pusat

Senandung Dewi, Cara Kemenparekraf Kenalkan Sejumlah Desa Wisata

Kabar Pusat

Dongkrak Kapasitas Aparatur Desa Melalui ToT, Tingkatkan Efektivitas 17.000 Desa di Indonesia

Kabar Pusat

Mendes: Jumlah Desa Mandiri Tembus Sebelas Ribu, Lampaui Target RPJMN

Kabar Pusat

Gus Halim : Inovasi Kader Digital Bakal Percepat Pembangunan Desa