Home / Kabar Pusat

Selasa, 22 Maret 2022 - 21:17 WIB

Gelar Rakernis Gabungan, Kapolri Tekankan Sinergi Hadapi Ancaman Kamtibmas

Olivia Maharani - Penulis

TVDesa – Jakarta : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Rapat Kerja Teknis (Rakernis) gabungan beberapa satuan kerja (satker) di Rupatama Polri, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2022). Rakernis ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kesiapsiagaan Polri dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan Kamtibmas, khususnya di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian.

Dalam arahannya, Sigit menekankan pentingnya sinergi antar satker Polri. “Polri bagaikan organ tubuh yang terdiri dari berbagai unsur. Setiap organ memiliki peran penting dan harus bekerja sama dengan baik agar tubuh Polri dapat berfungsi dengan maksimal,” jelas Sigit.

Sigit mengingatkan jajarannya untuk selalu mengikuti perkembangan lingkungan strategis. Dampak pandemi Covid-19 dan invasi Rusia ke Ukraina, menurutnya, berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. “Kita harus mewaspadai kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan mengelola fenomena ini dengan sebaik mungkin,” tegas Sigit.

Baca Juga |  Hari Raya Waisak 2566 BE, Polres Kudus Jaga Ketat 8 Vihara

Kapolri juga menekankan pentingnya penguasaan teknologi dan informasi. “Di era digital ini, semua informasi dengan mudah tersebar dan berdampak pada situasi Kamtibmas. Kita harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi agar dapat mengambil langkah tepat saat terjadi gangguan,” tutur Sigit.

.

Sigit juga mengingatkan jajarannya untuk memahami kerja makro dan mikro di lapangan. “Kerja makro adalah tugas besar negara, sedangkan kerja mikro adalah tugas pokok Polri. Kita harus memastikan bahwa sektor investasi di Indonesia berjalan lancar dan Indonesia menjadi tuan rumah G20 yang sukses,” jelas Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sedang membangun pondasi menjadi negara maju dengan mengubah kebijakan dari negara konsumen menjadi produsen. “Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, namun kita dapat menjaganya dengan sinergi,” ujar Sigit.

Baca Juga |  Polresta Pati Gelar Doa Bersama Lintas Agama, Wujudkan Kedamaian Negeri

Transformasi digital juga menjadi fokus perhatian Sigit. “Di satu sisi, transformasi digital memudahkan tugas Polri, seperti dalam membangun pemolisian prediktif. Namun, di sisi lain, ada tantangan yang harus dihadapi,” papar Sigit.

Kapolri berharap Rakernis ini dapat menjadi momentum bagi Polri untuk meningkatkan sinergi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan Kamtibmas. “Polri Presisi bukan hanya program kerja, tapi lompatan perubahan untuk kembali ke esensi sejarah Kepolisian yang dirasakan langsung oleh masyarakat,” tutup Sigit.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 78 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Desa Antikorupsi: Membangun Peradaban Berintegritas dari Pelosok Nusantara

Kabar Pusat

Mendagri Minta Jabar Perkuat dan Tingkatkan Kualitas SDM Desa

Kabar Pusat

BRILiaN dan UNS Berikan Sentuhan Ajaib, 15 Desa Ini Siap Jadi Role Model Desa Unggul

Kabar Pusat

Tangkal Urbanisasi: Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Jadi Kunci

Kabar Pusat

Bakal Bahas Ekosistem Pemasaran, Transaksi TTGN XXV Diharapkan Melonjak

Kabar Pusat

Lindungi Pekerja Desa, BPI Kemendes PDTT dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Kabar Pusat

Gelar Teknologi Tepat Guna, Perkuat Ekosistem Inovasi Desa

Kabar Pusat

UIN Goes Global: 5.500 Mahasiswa Membangun Desa di Nusantara