Home / Kabar Desa

Sabtu, 25 September 2021 - 21:31 WIB

Geliat Kerajinan Tapis Pekon Tuha Margakaya Pringsewu

Nurul Hilal - Penulis

TV Desa – Pringsewu : Pesona pekon tuha Margakaya di kecamatan Pringsewu kabupaten Pringsewu Lampung sebagai sentra pengrajin kain tapis (kain tradisional Lampung) yang pernah berjaya pada tahun 90 an menjadi alasan pembangunan Mahan Tapis (rumah tapis) oleh Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Lampung (BPPWL).

“Pekon Margakaya sebagai pekon tertua di kabupaten Pringsewu dulunya adalah sentra pengrajin kain tapis memicu kita untuk memunculkan kembali potensi tersebut”, ungkap Sepriwan koordinator LKM Bintang Harapan pekon Margakaya kepada TV Desa, Sabtu 25/09/2021.

Sepriwan menambahkan, sekarang kita memunculkan kembali Margakaya sebagai sentra pengrajin kain tapis di kabupaten Pringsewu dengan membangun mahan tapis melalui program Kotaku yang dibiayai Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) dinas PUPR kabupaten Pringsewu tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 995.000.000,-

Baca Juga |  Teatrikal Pawai Budaya Desa Selorejo Menyentuh Hati

“Harapannya dengan dibangunnya Mahan Tapis pengrajin dapat bersaing, sekarang kalau kita beli tapis dipasaran dibandingkan dengan pengrajin terdapat selisih harga yang besar hingga 300 persen dengan adanya mahan tapis yang dilengkapi dengan galeri diharapkan dapat memangkas harga dipasaran”, terangnya.

Koordinator LKM Bintang Harapan, Sepriwan menjelaskan ada 25 pengrajin kain tapis yang menjadi binaan program kotaku, dulunya hampir setiap rumah menjadi pengrajin dan nantinya diharapkan lebih banyak lagi pengrajin yang dapat dibina.

Baca Juga |  Pejuang Sehat, Membangun Wonokerto Lewat Senam Rutin

“Kemaren sudah diadakan pelatihan pengrajin kain tapis yang diselenggarakan oleh program Kotaku, pengrajin diharapkan tidak hanya memproduksi kain sarung dan selendang saja, banyak inovasi yang bisa dihasilkan dari kain tapis seperti tas, dompet, peci, baju dan pengrajin sangat antusias karena hasil karya mereka nantinya akan lebih dihargai”, pungkasnya.(*)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 150 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih