Home / Kabar Desa

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:36 WIB

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

SUPARLAN - Penulis

TV Desa – Jombang : Semangat gotong royong dan kebersamaan dalam penyelenggaraan acara sedekah desa di Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kenampakannya masih nampak jelas dari pendanaan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan acara sedekah desa, yang seluruhnya berasal dari kerja sama dan gotong royong dari seluruh masyarakat Desa Plabuhan.

“Semua persiapan dan biaya dihimpun melalui patungan warga dan sumbangan dari donatur. Dengan adanya tradisi tasyakuran sedekah desa, diharapkan budaya ini semakin dikenal dan terus dilestarikan setiap tahunnya,” ucap Andi, Kepala Desa Plabuhan, di punden desa Plabuhan, Jum’at (7 Juni 2024).

Andi dalam sambutannya mengatakan, bahwa sedekah desa adalah acara selamatan atau upacara adat, yang selalu diadakan setiap tahunnya di Desa Plabuhan.

Baca Juga |  IGTKI PGRI Kecamatan Plandaan Gelar Manasik Haji Untuk Siswa TK Se-Kecamatan Plandaan

“Acara sedekah desa ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil panen yang telah diperoleh. Pada sedekah desa kali ini, masyarakat Desa Plabuhan mempersiapkan berbagai perlengkapan, seperti nasi tumpeng, kue, buah-buahan, dan beragam hidangan lainnya,” terang Andi.

Tradisi sedekah Desa Plabuhan ini, selain merupakan salah satu budaya warisan leluhur sebagai bentuk rasa syukur atas pemberian nikmat atas rezeki yang telah diberikan oleh sang pencipta alam semesta, juga menjadi simbol dari kekompakan dan guyup rukun warga, yang senantiasa harus dijaga dan lestarikan.

Lebih lanjut, Andi menambahkan, hadirnya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi daerah lain.

Baca Juga |  Prosesi Tenggeyamo Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

“Inspirasi ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan menggalakkan tradisi positif dalam menyambut momen-momen penting,” pungkas Andi.

Masyarakat yang menghadiri sedekah desa, nampak dihibur dengan kesenian tradisional dan kesenian kontemporer, dimana siang hari disuguhkan kesenian campursari Adilla Wijaya dan malam harinya dihibur dengan Elekton Adilla.

Nampak hadir, pejabat Forkopimcam Kecamatan Plandaan, jajaran Polsek Plandaan, Koramil Plandaan serta semua tenaga Pendamping Profesional Kecamatan Plandaan.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia