Home / Kabar Daerah

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 21:26 WIB

Gubernur NTT Teken MoU TEKAD Dengan Menteri Desa PDTT

Largus Ogot - Penulis

TV Desa – Kupang : Akhirnya Pemerintah Provinsi NTT berhasil melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) pelaksanaan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) di Provinsi NTT antara Kemendes PDTT, dan antara Kemendes PDTT dengan 3 Kabupaten sasaran pelaksanaan program bertempat di Hotel Aston Kupang Rabu, 25/8/2021 lalu.

Penandatanganan  MoU antara Kemendes PDTT diwakili oleh Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir. Lerory Samy Uguy, MA, Ph.D dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H, M.Si diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT Viktorius Manek, S.Sos, M.Si.

Pada kesempatan yang sama, dilanjutkan pula penandatanganan  MoU antara Kemendes PDTT dengan Bupati Sumba Timur, Drs, Christofel Praing, Bupati Ngada Andreas Paru, SH.M.Hum dan Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A.

Penandatanganan  MoU antara Kemendes PDTT diwakili oleh Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir. Lerory Samy Uguy, MA, Ph. dengan Bupati Sumba Timur, Drs, Christofel Praing Di Hotel Aston Kupang (25/8/2021)

Sebelum dilakukannya pendandatangan MoU, Kepala Dinas PMD NTT Viktor Manek dalam sambutannya mengungkapkan, atasnama pemerintah Provinsi NTT kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Desa PDTT yang telah memprioritaskan NTT sebagai salahsatu wilayah sasaran penerima manfaat program TEKAD, dan juga kepada Pemerintah Daerah 3 Kabupaten yang sudah bersedia hadir untuk menyatakan secara resmi pernyataan komitmen dalam melaksanakan Program TEKAD.

Baca Juga |  Usulkan Pengerasan Jalan Usaha Tani Nagari Simawang, Gubernur Sumbar Respons Positif

Ia menjelaskan, pada tahun 2021, program TEKAD akan dilaksanakan di 12 Kecamatan, 60 Desa di Kabupaten Ngada, Manggarai dan Kabupaten Sumba Timur. Penentuan wilayah sasaran, berdasarkan hasil survei baseline yang dilakukan Undana Kupang pada beberapa waktu lalu.  Sebagai salahsatu bentuk kesungguhan, Pemerintah NTT, telah bergerak cepat melakukan rangkaian kegiatan pelaksanaan TEKAD, diantaranya penyediaan SDM, Perangkat Program hingga pelaksanaan startup, meskipun ditengah pandemi Covid-19, kita tetap menjalankan protokoler kesehatan secara ketat.

Baca Juga |  MUNAS RADESA, “Wujudkan Relawan Desa Yang Partisipatif, Inovatif, dan Demokratis”
Penandatanganan  MoU antara Kemendes PDTT diwakili oleh Direktorat Pengembangan Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir. Lerory Samy Uguy, MA, Ph. dengan Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A Di Hotel Aston Kupang (25/8/2021)

Lebih lanjut mantan Penjabat Bupati Malaka ini menjelaskan, Kita harus sama-sama mendapatkan informasi dari sumber yang sama, dari pengagas program TEKAD. Untuk itu akan ada sosialisasi tentang program TEKAD dan penandantanganan MoU antara Kemendes PDTT dengan Pemerintah Provinsi NTT dan antara Kemendes PDTT dengan Bupati dari 3 Kabupaten wilayah pelaksanaan program.

Selain itu kita akan mendapatkan penjelasan langsung dari Menteri Desa melalui Ibu Dirjend Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT Ir. Harlina Sulistyorini, Msi. Kita berharap untuk tahun-tahun mendatang, 21 Kabupaten di NTT dapat dijangkau oleh program TEKAD. Ujarnya

Penandatanganan MoU berlangsung pada acara startup program TEKAD yang disaksikan oleh para stakeholder terkait baik secara langsung maupun secara virtual. Hadir, Perwakilan Bank Indonesia, Kepala BAPPEDA NTT, BAPPEDA dari 3 Kabupaten Program TEKAD, DInas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dari 3 Kabupaten, Organisasi Perangkat Daerah Setda NTT, LPM Undana, WVI, Bengkel APPeK NTT dan Fasilitator program TEKAD dari 3 Kabupaten dan Project Managemen Consultant TEKAD NTT. ***

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 256 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!

Kabar Daerah

Sabang Genjot Pembentukan Qanun Gampong Bersih Narkoba

Kabar Daerah

Percepat Pembangunan Desa, Morowali Utara Belajar dari Badung

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah