Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 13:18 WIB

Guna Meningkatkan Hasil Pertanian HIPA Sumber Duren Bangun Irigasi

014 Harno Ngawi - Penulis

TV Desa – Ngawi : Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA ) Sumber Duren Desa Karanggupito , Kecamatan Kendal ,  Kabupaten Ngawi mulai merehabilitasi saluran irigasi yang terletak di  Dusun Wonokerto  Senin  (20/09/2021).

Rehabilitasi saluran irigasi ini merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dibawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Foto Petani Saat Membangun Irigasi

Ketua HIPPA Sumber Duren Karanggupito menjelaskan, pengerjaan rehabilitasi saluran irigasi di Dusun Wonokerto Desa Karanggupito merupakan tindak lanjut dari sosialisasi dan musyawarah desa bersama para petani.  Ia menambahakan, rehabilitasi saluran irigasi sepanjang 300 m tersebut pengerjaannya dilakukan secara swakelola oleh masyarakat dan petani yang tergabung dalam kelompok HIPPA.

Baca Juga |  JUT Tuntas dikerjakan , Warga Tengah Padang Tambuh Usulan Pembangunan Lagi

Sementara itu, Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo  yang berada dilokasi berharap  perbaikan saluran irigasi ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Karanggupito . harapannya program P3 TGAI ini dapat berjalan lancar. Masyarakat Desa Karanggupito yang notabene atau mayoritas berprofesi sebagai petani ini dapat merasakan manfaatnya secara langusng, terangnya.

“Dengan diperbaikinya saluran ini masyarakat petani tidak perlu khawatir, artinya distribusi air irigasi akan lebih mudah dan lancar, sehingga produktifitas pertanian semakin baik dan meningkat,” Ucap Kades.

P3-TGAI adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Baca Juga |  Fajar Agung Barat Narasumber Desa Layak Air Bersih

P3-TGAI dibentuk dalam rangka memenuhi kebutuhan air irigasi guna mendukung ketahanan pangan nasional yang menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional 2020-2025. Program ini diharapkan mampu mendukung aktivitas perekonomian masyarakat serta mendorong pemerataan pembangunan nasional

Berita ini 112 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto, Tingkatkan Peran Serta Lansia

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H