Home / Siaran Pers

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:22 WIB

Gus Halim Apresiasi Masyarakat Kampar Lestarikan Tradisi dengan Bagholek Godang Festival 2022

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TVDesa – Kampar : Ribuan warga Bangkinang, Kabupaten Kampar tumpah ruah di jalanan antusias menyaksikan pawai budaya warisan leluhur Masyarakat Kampar. Bagholek Godang Festival merupakan kegiatan tahunan dalam rangka mempertahankan adat istiadat dan budaya di tengah gempuran zaman.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berkesempatan menghadiri sekaligus menutup Bagholek Godang Festival 2022, di Lapangan Merdeka Bengkinang, Kabupaten Kampar pada Jumat (12/8/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini mengaku senang dapat hadir dalam Bagholek Godang Festival 2022. Menurutnya, festival seperti ini adalah bagian untuk menjadikan budaya sebagai kekayaan lokal serta kekuatan warga dalam membangun desa, dan membangun Kampar yang lebih baik.

“Saya bersyukur pada malam hari ini bisa hadir dalam acara yang sangat luar biasa yang digelar di Kabupaten Kampar. Sukses untuk warga masyarakat Kabupaten Kampar, bahagia dan sejahtera,” ujar peraih gelar Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Baca Juga |  Wapres: Masih Ada 23,24% Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

Gus Halim juga menilai, warga masyarakat Kampar sangat luar biasa, terutama di dalam mempertahankan budaya dan tradisi.

“Tadi ada tarian Lasuang yang luar biasa, yang sudah mulai punah dan sekarang dibangkitkan kembali,” ungkap mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Oleh karena itu, Gus Halim berharap Bagholek Godang Festival 2022 ini bisa jadi wadah dalam pelestarian budaya Kampar. Selain itu memberi dampak peningkatan ekonomi, serta kemajuan bagi warga Kampar.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh warga masyarakat Kampar, Bupati Kampar, pimpinan-pimpinan adat Kampar yang terus berupaya untuk mempertahankan adat budaya di Kampar,” tandasnya.

Baca Juga |  Bantuan TTG dari Kemendes di Desa Pledokan Kurang Tepat Sasaran

Bernama Bagholek Godang, karnaval budaya ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Provinsi Riau dan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus.

Sebelum menutup Bagholek Godang Festival 2022, Gus Halim menyerahkan piagam penghargaan kepada 14 kepala desa di Kabupaten Kampar yang berhasil menyandang status sebagai desa mandiri.

Turut mendampingi Gus Halim dalam penutupan Bagholek Godang Festival 2022 yakni Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Abdul Wahid, Pj Bupati Kampar Kamsol, dan Kepala Dinas PMD Provinsi Riau Djoko Edy, serta seluruh jajaran Forkopimda.

Kemendes PDTT

Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Siaran Pers

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

Siaran Pers

BRIN Sebut 1.700 Desa Telah Gunakan e-Voting Dalam Pilkades

Siaran Pers

Ketua MPR Minta Organisasi Desa Bersatu Sejahterakan Masyarakat Desa

Siaran Pers

Ditjen Bina Adwil Perkuat Kecamatan Sebagai Poros Pembangunan Desa

Siaran Pers

Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor dan Silaturahim Ramadan Bareng Para Kepala Desa

Siaran Pers

Kemenparekraf Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

Siaran Pers

Menparekraf Resmi Luncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Siaran Pers

Presiden Joko Widodo Melakukan Peletakan Batu Pertama Pusat Pelatihan Paralimpiade