Home / Kabar Pusat

Selasa, 28 September 2021 - 17:46 WIB

Gus Halim Bersama Bupati Mamuju Jelaskan Rencana Tahapan Penurunan Miskin Ekstrem

@ADMIN 2 - Penulis

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar didampingi dirjen PPKTrans Aisyah Gamawati menerima audensi Bupati Mamuju Sutinah Suhardi di kantor Kemendes PDTT. Jakarta, Selasa, 28/9/2021.  Foto : Mugi/KemendesPDTT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar didampingi dirjen PPKTrans Aisyah Gamawati menerima audensi Bupati Mamuju Sutinah Suhardi di kantor Kemendes PDTT. Jakarta, Selasa, 28/9/2021. Foto : Mugi/KemendesPDTT

TV Desa – Jakarta : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menerima audiensi Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi beserta rombongan di ruang kerjanya, Selasa (28/9).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas tentang rencana penurunan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Mamuju.

Gus Menteri ini menjelaskan tahapan-tahapan yang akan ditawarkan untuk menuntaskan penanganan warga miskin ekstrem.

Pertama, pemetaan awal. Kedua, peta warga miskin ekstrem per kabupaten dan yang ketiga adalah penyusunan rencana anggaran dan PIC.

Baca Juga |  Sosialisasi Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2022

“Nah ini kita siapkan, gampangannya Kemendes PDTT siap untuk tiga langkah ini,” ujar pria yang akrab disapa Gus Menteri ini.

Keempat, Konsolidasi data dan lapangan. Kelima, rencana aksi. Keenam, Implementasi dan yang ketujuh adalah monitoring keberlanjutan.

“Rencana aksi ini wilayahnya Bupati. Kenapa Bupati? Karena Bupati yang tahu wilayah dan yang punya wilayah. Sehingga road mapnya Bupati yang kasih gambaran berdasarkan hasil konsolidasi data ini,” ungkapnya.

Saat ini, setidaknya ada 35 Kabupaten di 7 provinsi yang menjadi pilot project atau fase pertama penurunan kemiskinan ekstrem yang ditargetkan tuntas pada akhir 2021.

Baca Juga |  Mendes PDTT Menegaskan Dana Desa Bisa untuk Pendidikan

Nantinya, akan ada gelombang atau fase kedua untuk kabupaten/kota lain yang dijadikan sebagai tempat untuk mewujudkan kemiskinan ekstrem, sesuai dengan target pemerintah, menuntaskan kemiskinan ekstrem pada 2024.

“Gelombang kedua, Kabupaten Mamuju pasti masuk. Nah ini usulan saya ke Pak Wapres, kalau mau betul-betul mewujudkan 0 persen ya ini tahapannya,” katanya.

Berita ini 53 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Halal Bihalal Kemendes PDTT, Gus Halim Dorong Jajaran Agar Lebih Baik Dalam Bekerja

Kabar Pusat

Jalin Erat Silaturahmi, KBM  Sumbar Gelar Buka Puasa Bersama*

Kabar Pusat

Kenaikan Tukin, Gus Halim: Momentum Peningkatan Semangat Kerja

Kabar Pusat

Gus Halim: Redistribusi Uang saat Mudik Lebaran Perkuat Desa Wisata

Kabar Pusat

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemendes PDTT Disetujui Naik Jadi 80 Persen

Kabar Pusat

Mendagri Harap UU Desa Jadi Terobosan Tingkatkan Kinerja Pemdes

Kabar Pusat

Paripurna DPR Setujui RUU Desa Jadi Undang-Undang

Kabar Pusat

Kemendes Catat Pendapatan Warga Desa Meningkat 80 Persen