Home / Siaran Pers

Jumat, 14 Juni 2024 - 22:13 WIB

Gus Halim: Pelestarian Adat dan Budaya Percepat Pembangunan Desa

Supriyadi - Penulis

TVDesa – Jombang : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengimbau masyarakat untuk terus bersama-sama menjaga adat dan budaya yang ada di desa.

Sebab dua hal tersebut adalah harta karun yang sangat penting untuk mempercepat pembangunan desa sebagaimana tertuang dalam SDGs Desa ke-18, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

“Adat ini harus dilestarikan. Ini penting karena nilai gotong royong nggak bisa diganti dengan yang lain. Kegiatan seperti ini harus dilestarikan. Saya sampaikan terima kasih karena tetap kirab desa setiap tahun. Dengan ini semoga makin tambah berkah uripe (hidup masyarakat). Aamin,” ujar Gus Halim, sapaan akrab Mendes PDTT saat memberikan sambutan pada Kirab Budaya Adat Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga |  Songsong Tahun 2023, Mendes PDTT Gelar Evaluasi Internal

SDGs Desa-18 menunjukkan pentingnya pelestarian adat dan budaya desa dalam sebuah pembangunan.

Dengan demikian maka setiap desa akan tumbuh secara variatif dan sesuai dengan potensi, masalah, serta kearifan lokal yang melekat.

Kendati demikian, hal tersebut tidak berarti desa anti dengan perkembangan zaman termasuk terus melesatnya teknologi. Justru keduanya harus terus berkolaborasi untuk menciptakan kemandirian desa yang menjadi tumpuan pembangunan di Indonesia.

“Sebagus apapun desa dengan teknologi luar biasa pun tetap kita akan melestarikan budaya yang merupakan kearifan lokal. Itulah pentingnya SDGs Desa terkait pelestarian budaya,” tutur Gus Halim.

Baca Juga |  Menteri Desa PDTT Tinjau Peternakan di Lampung Selatan

Kirab Budaya Adat di Jombang dilaksanakan dengan pengajian dan tasyakuran, masak kambing bersama, serta tumpeng kirab yang dihadiri langsung Mendes PDTT.

Dalam acara tersebut, Gus Halim didampingi Kepala BPI Ivanovich Agusta, Staf Ahli Mendes PDTT Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Bito Wikantosa, Staf Khusus Menteri Nasrun Annahar, dan Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Luthfy Latief.

Selain itu, Kepala DPMD Sholahuddin Hadi Sucipto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang Senen, Camat Tembelang Agus Santoso, Kapolsek Tembelang Iptu Fadillah, serta pendamping desa dan masyarakat setempat hadir meramaikan Kirab Budaya Adat tersebut.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Siaran Pers

Gus Halim Ajak Tokoh Adat Terlibat dalam Pengentasan Daerah Tertinggal

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Dana Desa Pemenang TTGN Bakal Bertambah

Siaran Pers

Dirut LPDP Sebut SDGs Desa Jadi Panduan Pembangunan Komprehensif

Kabar Daerah

Penuh Haru! Momen Saat Tim KKN UIN SAIZU Membersamai Muslimat NU Santuni Yatim Piatu

Siaran Pers

Kemendes PDTT: Teknologi Tepat Guna Implementasi SDGs Desa Ke-9

Siaran Pers

TTGN Ke-25, Gus Halim: Kolaborasi Pemasaran Kunci Keberlanjutan Teknologi Tepat Guna

Siaran Pers

Kepala BKKBN Minta Kades Perhatikan Sanitasi yang Tidak Layak

Siaran Pers

Gus Halim: Ciri Khas Teknologi Tepat Guna Adalah Kearifan Lokal dan Berkelanjutan