Home / Kabar Daerah

Rabu, 29 September 2021 - 12:58 WIB

Hamim Pou: Desa Digital Perlu Didukung Anggaran

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Bone Bolango : Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, merasakan perlunya memperkuat 3 desa digital yang sudah eksis di wilayahnya.

“Desa digital yang sudah eksis perlu didukung juga dengan anggaran,” kata Hamim, saat pertemuan bersama Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo dan Diskominfotik Provinsi Gorontalo, di rumah pribadi bupati, Rabu (29/9/21).

Menurut Hamim, perlu dukungan bersama untuk membuat desa digital ini terus eksis. Saat ini, dari 5 desa digital yang sudah eksis di Provinsi Gorontalo, 3 diantaranya berada di Kabupaten Bone Bolango. Ketiga desa digital Bone Bolango yaitu Desa Lamahu, Desa Tanggilingo, dan Desa Toto Utara.
Fasilitas internet berupa jaringan wifi pun tak main-main. Terdapat hampir 400 titik wifi yang tersebar di seluruh Bone Bolango. Demikian juga layanan publik melalui digitalisasi yang mencapai 256 layanan.

Baca Juga |  Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

“Perlu dukungan, tidak boleh berdiri sendiri, lewat kebijakan atau lewat kolaborasi. Bagaimana berkolaborasi agar digitalisasi ini berjalan secara maksimal. Kalau kabupaten bagus, akan membawa nama harum provinsi,” tandas Hamim.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, A.W. Thalib, mengatakan digitalisasi desa ini untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, sehingga perlu kolaborasi yang lebih mantap.

“Mudah-mudahan kolaborasi dapat lebih ditingkatkan. Digitalisasi ini benar-benar untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, dan rakyat pun menikmati dengan mengundang investor,” urai A.W. Thalib.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo dalam kesempatan itu mengakui kehebatan Bone Bolango sebagai pelopor desa digital pertama di Provinsi Gorontalo melalui desa Lamahu.

Desa Lamahu, Kecamatan Bulango Selatan, Bone Bolango, Gorontalo, merupakan desa pertama di Indonesia yang mengembangkan sekaligus mewujudnyatakan konsep Command Center dalam spektrum kedesaan berbasis Android. Command Center tersebut, ditunjang dengan 32 tiang cerdas atau smart pole dengan dilengkapi CCTV, WI-FI, lampu otomatis, serta sensor cahaya dan gerak. Seluruh smart pole dipasang di sembilan titik pada kawasan pinggiran desa dan 23 titik lagi di permukiman rumah warga serta lahan pertanian.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa