Home / Kabar Desa

Selasa, 10 Agustus 2021 - 23:02 WIB

Harapan Kades Sungai Radak Satu Kecamatan Terentang Tentang Keberlanjutan Dana Desa

010 Fandi - Penulis

TV Desa News, Kab. Kubu Raya Harapan dari Sumardi Kades Sungai Radak Satu Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat tentang keberlanjutan Dana Desa adalah semoga kedepannya Dana Desa ini terus berlanjut sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UUD no 6 Tahun 2014 tentang Desa. Menurut Pak Jambul sapaan akrab dari Sumardi Kades Sungai Radak Satu, Dana Desa adalah salah satu solusi yang dapat membantu keuangan dari Pemerintah Desa untuk pembiayaan dalam pembangunan di Desa karena untuk membangun suatu Desa tidak hanya bisa mengharapkan dari Anggaran APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun program-program yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian-kementerian yang ada, karena dana-dana tersebut pastilah tidak akan tercover karena banyaknya kebutuhan dan potensi yang masih bisa dibangun untuk kesejahteraan Masyarakat Desa dalam sebuah perencanaan pembangunan yang ada di Desa.

Pada saat penilaian IDM tahun 2020 kemaren, Desa Sungai Radak Satu mendapatkan hasil sebagai Desa Mandiri. Status Desa Mandiri saja masih banyak kegiatan-kegiatan dan potensi Sumber Daya Alam Desa yang belum bisa dibiayai dari Anggaran Pendapatan & Belanja Desa (APBDES) karena APBDES lebih memfokuskan kegiatan-kegiatan infrastruktur aset Desa seperti pembangunan Jalan, jembatan Desa dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat ketertingalan infrastruktur Desa yang kurang memadai.

Baca Juga |  Puluhan Warga Ketangkuhan, Ikuti Acara Vaksinasi Cegah Covid-19
Foto : Penyaluran BLT DD di Desa Sungai Radak Satu, Kecamatan Terentang

Diharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik ditingkat Kabupaten Kubu Raya dan Provinsi Kalimantan Barat maupun ditingkat Pemerintah Pusat yaitu dari Kementerian-kementerian yang ada dapat mensupport kegiatan-kegiatan pembangunan dari potensi Sumber Daya Alam untuk dibiayai seperti lahan tidur/tidak produktif yang dapat dijadikan lahan perkebunan, pertanian maupun persawahan dan potensi perikanan tangkap & budidaya, seperti apa yang dislogankan oleh Muda Mahendrawan Bupati Kabupaten Kubu Raya yaitu “Kepong Bakol” yaitu bersama-sama melakukan pembangunan untuk mempercepat pembangunan diseluruh kawasan Desa di Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Fandi TPP Kecamatan Terentang, Dana Desa adalah amanah dari undang-undang sebagaimana diatur dalam Pasal 72 Ayat 2 UU Nomor 6 Tahun 2014. Sebagai salah satu dari pendapatan desa, maka pemerintah pusat berkewajiban mengalokasi Dana Desa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Penggunaan Dana Desa saat ini sudah dapat membiayai dibidang satu (1) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, bidang dua (2) Pembangunan Masyarakat Desa, bidang tiga (3) Pembinaan Masyarakat Desa, bidang empat (4) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan bidang lima (5) Penanggulangan Keadaan Mendesak. Kelima bidang tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Dilansir dari situs https://www.kemenkeu.go.id/, pada tahun 2021 kebijakan pengalokasian dan penyaluran Dana Desa dengan memperhatikan kondisi karateristik Desa dan kinerja Desa dalam mengelola Dana Desa. Sementara itu, mekanisme penyaluran Dana Desa 2021 tetap sama dengan tahun 2020. Dimana, Dana Desa langsung ditranfer dari rekening pusat ke rekening Desa. Sedangkan Permendesa PDTT no 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 ditetapkan dengan mengacu pada dua pertimbangan, yaitu :

  1. Mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat serta terhambatnya pembangunan Desa akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) perlu melakukan adaptasi kebiasaaan baru di Desa, dan
  2. Menghadapi ancaman yang membahayakan sistem perekonomian negara dan/atau stabilitas sistem keuangan perlu melaksanakan kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemiĀ Corona Virus Disease 2019(COVID-19) termasuk didalamnya Dana Desa.
Baca Juga |  H-3 Ramadhan, 20 Kepala Keluarga Terima Bantuan

Kedua pertimbangan tersebut guna melaksanakan ketentuan pasal 21 ayat (1) PP 22 tahun 2015 tentang perubahan atas PP 60 tahun 2014 sebagaimana telah diubah, terakhir dengan PP 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas PP 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Berita ini 192 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025

Kabar Desa

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu