Home / Kabar Daerah

Sabtu, 24 September 2022 - 01:15 WIB

Hari Jadi Kota Kudus Ke 473, Ziarah Jadi Momen Penting

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – KUDUS : Pada Hari Jadi ke-473 Kabupaten Kudus dijadikan momen yang tepat untuk mengenang kembali jasa-jasa para mantan Bupati Kudus yang telah wafat. Oleh karena itu, ziarah ke makam mantan Bupati Kudus menjadi agenda penting dalam rangkaian peringatan hari jadi tahun ini.

Tepat dihari jadi, Jumat (23/9/2022), Pemkab Kudus mengawali kegiatan dengan melaksanakan Upacara Apel Peringatan Hari Jadi di halaman Pendopo Kabupaten. Bupati Kudus H.M. Hartopo bersama Forkopimda Kudus melanjutkan kegiatan dengan berziarah ke Pesarean Sidomukti, Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus.

Nuansa khidmat menyelimuti prosesi tahlil dan tabur bunga di makam Kandjeng Kjai Adipati Ario Tjondronagoro III (Bupati Pati-Kudus 1812-1837), Kandjeng Pangeran Ario Tjondronagoro IV (Bupati Kudus-Demak 1837-1865), Kandjeng Raden Adipati Ario Tjokronagoro (Bupati Kudus 1890-1925), Kandjeng Raden Pangeran Adipati Tjondronegoro VI (Bupati Brebes/Kudus 1885-1908), Raden Agus Thoyep Kusumadihardjo, dan R.M.P. Drs. Sosrokartono.

Baca Juga |  Gubernur Ajak Bundo Kandung Tingkatkan Peran Lestarikan ABS - SBK

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama menuturkan, ziarah makam leluhur dan pendiri bangsa merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur adalah sikap moral mulia yang merupakan manifestasi kelanjutan cita-cita dan perjuangan luhur pendahulu untuk diwariskan kepada anak cucu sebagai generasi penerus bangsa.

“Dari ziarah makam ini, sedikit banyak kita bisa belajar sekaligus napak tilas perjalanan sejarah Kabupaten Kudus. Hal ini merupakan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan,” ucap AKBP Wiraga Dimas Tama.

Ditambahkan, di usia yang ke-473 ini, pihaknya berharap Kabupaten Kudus semakin maju dan kesejahteraan masyarakat semakin baik.

Baca Juga |  Kaltara Upayakan Status 96 Desa Tertinggal, Jadi Desa Berkembang di 2024

Sementara itu, H.M. Hartopo mengatakan bahwa prosesi ziarah merupakan suatu bentuk penghormatan dan untuk mengenang spirit para mantan bupati dalam membangun Kabupaten Kudus.

“Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan untuk senior-senior terdahulu atas pengabdian yang sangat luar biasa. Mulai merintis Kabupaten Kudus yang mungkin dulu dianggap tertinggal, sehingga sekarang sudah modern sekali. Program kami untuk menjadikan Kudus sebagai kabupaten yang modern, religius, cerdas dan sejahtera,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, pada usia Kabupaten Kudus yang ke-473 disertai dengan kedewasaan masyarakat yang bermuara pada situasi kondusif yang tetap terjaga. Kondisi itulah yang membuat pembangunan fisik dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat berjalan lancar.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan