Home / Kabar Desa

Jumat, 27 Agustus 2021 - 19:46 WIB

Hasil ikan melimpah, nelayan Desa Rowo mengadakan sedekah laut

019 Murtado - Penulis

TV Desa – Kebumen : Nelayan Desa Rowo mengadakan sedekah laut hari ini Jumat (27/8) diawali dari rumah Kepala Desa Rowo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen,  Samsino.

Rowo adalah desa yang berada di tepi muara Sungai Wawar.  Salah satu potensi yang tidak dimiliki desa-desa lain adalah penduduknya yang memiliki keahlian nelayan di laut selatan Jawa yang terkenal ombaknya besar.

Bahkan Desa Rowo memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI), yang merupakan aset dari Kabupaten.

Hasil dari nelayan Desa Rowo setiap harinya lumayan melimpah. Hal ini menyebabkan para nelayan bersyukur atas hasil yang didapat, wujud syukur ini diwujudkan dengan acara sedekah laut.

Baca Juga |  Senam Pagi Ibu Ibu Desa Gedangan

“Acara ini rutin diadakan setiap tahun,  biasanya pada Jumat Kliwon bulan Suro,  penanggalan Jawa. ” Ujar Samsino pada saat melakukan sambutan.

Jolen tempat sesaji sedekah laut

Inti acara sedekah laut ini adalah pelarungan jolen, yang didalamnya berisi persembahan berupa kepala kambing dan ubarampe lainnya.

“Sesaji ini adalah wujud syukur masyarakat nelayan Desa Rowo kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil tangkapan yang banyak. ” Papar Wongso Wijoyo  (67) salah seorang sesepuh dan tokoh masyarakat Desa Rowo.

Pelarungan jolen menggunakan perahu dan dibawa ke tengah laut,  setelah air pasang mulai menambah ketinggian air di Muara Sungai Wawar.

Hadir dalam acara ini Muspika, antara lain Camat Mirit Ir.Kotib, Kapolsek,  Danramil,  Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Mirit,  maupun masyarakat Desa Rowo.

Baca Juga |  Penyusunan RKPDES 2022 sesuai rekomendasi inputan data IDM 2021.

Dalam kesempatan ini Camat Mirit berharap sedekah bumi ini menjadi salah satu event pariwisata unggulan di Kecamatan Mirit.

Banyak masyarakat umum yang menyaksikan acara ini mulai dari tepi sungai sampai pantai di sebelah selatan Desa.

Tentu saja yang tidak dilupakan adalah Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan COVID 19. Ketersediaan tempat cuci tangan,  masker,  maupun jaga jarak tetap menjadi perhatian panitia. (moer)

Berita ini 157 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa