Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 00:18 WIB

Hasil Musrenbangdes Randugunting, Desa Suntik Modal BUMDes 50 Juta

Asrodin - Penulis

TV Desa – Semarang : Semangat mengembangkan ekonomi desa mengemuka saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Randugunting Kecamatan Bergas Kab. Semarang, Senin (20/9/2021). Bumdes mendapat penyertaan modal sebesar Rp. 50 Juta dari Dana Desa tahun 2022.

Direktur BUMDes, M Indra, merencanakan untuk membuat unit usaha RT/RW yang bergerak dibidang penyediaan jaringan internet. melihat selama masa pandemi, banyak anak sekolah yang melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring), diharapkan, BUMDes mampu menyediakan jaringan internet yang murah dan mampu bersaing dengan penyedia internet yang ada.

Unit usaha BUMDes berikutnya yang ingin dikembangkan adalah pengelolaan persampahan. Desa Randugunting diuntungkan dengan dikelilingi pabrik-pabrik besar. Dari hasil limbah, dan pekerja pabrik, menghasilkan sampah yang tidak sedikit. peluang ini yang ditangkap oleh BUMDes untuk dikelola, disamping juga menyelesaikan permasalahan sampah di desa.

Baca Juga |  Daftar BUM Desa di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat
Kepala Desa Randugunting, Nuryanto membuka Acara Musrenbangdes didampingi oleh Ketua BPD setempat, dan Sekcam Bergas.

Dalam acara Musrenbangdes yang dipimpin oleh Sekretaris Desa, Lailatul Pratiwi C, dibacakan hasil lokakarya yang telah dilaksanakan malam sebelumnya, beberapa kegiatan yang direncanakan di tahun 2022, antara lain Pemutakhiran data SDG’s, Kegiatan rutin di bidang pendidikan dan kesehatan. Bidang Pembangunan meliputi Pengadaan lampu penerangan di beberapa titik desa, saluran air di dusun kebonan, Pembangunan rabat beton  dan talud.

Memenuhi prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022 sesuai Permendesa No 7/2021, desa melanjutkan pengalokasian penanganan covid-19, BLT Dana Desa untuk warga terdampak pandemi, dan Pelatihan Digitalisasi Produk dan Penggalian Potensi Ekonomi Desa.

Dalam acara ini, juga dipilih tiga orang perwakilan warga yang akan mengikuti Musrenbang tingkat Kecamatan. Dalam sesi tanya jawab, salah satu peserta menanyakan kepada perwakilan kecamatan “Saya sudah ikut beberapa kali acara musrenbang tingkat kecamatan, tapi kok usulan kita tidak ada yang pernah terrealisasi”, tanya peserta Musrenbang.

Baca Juga |  BUMDes Siarubung Raih Peringkat 3 Lomba sePropinsi Sumatera Utara

Menanggapi pertanyaan tersebut, Kasi PPMD Kecamatan Bergas, Uripah Supriati, S.Sos, MM. menjawab bahwa setiap usulan yang masuk ke musrenbang tingkat kecamatan, akan diteruskan ke Dinas terkait. “Jadi, jangan berkecil hati apabila belum disetujui usulannya, ajukan terus sampai terdanai, dan tentunya jangan lupa, pajak PBB warga ditingkatkan prosentase pembayarannya, karena dari pajak itulah yang digunakan untuk mendanai pembangunan di desa”, jawabnya.

Bhabinkamtibmas, dan Babinsa desa Randugunting serta Direktur BUMDes menghadiri acara Musrenbangdes

Acara Musrenbang yang dihadiri oleh BPD, Kepala Desa, Sekcam Bergas, Kasi PPMD, Kasi Pemerintahan, Pendamping Desa, Bhabinkamtimbas, dan Babinsa serta perwakilan warga berlangsung selama 2 jam, menyepakati Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022, Daftar Usulan (DU) RKPDes tahun 2023.

Berita ini 270 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Tips Pencegahan Bullying, Rumah PPAI Berikan Pemahaman

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto, Tingkatkan Peran Serta Lansia

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa