Home / Kabar Daerah

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:12 WIB

Ini, Upaya Pemprov Sumbar Tingkatan Ekonomi Masyarakat

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Padang : Memfokuskan dukungan alokasi anggaran untuk sektor pertanian dan pendidikan, disebut sekretaris daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekda Prov. Sumbar), Hansastri, sebagai sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sebab, lebih dari 50 persen masyarakat di Sumbar mengantungkan hidupnya pada sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

“Itu mengapa, pertanian dan pendidikan menjadi fokus kita. Kita ingin masyarakat kita tambah sejahtera dan pintar,” ucap Hansastri, Sekda Prov. Sumbar, saat melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Darul Mukminin, Kompleks Perumahan Banyamas – ITP Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang (20/3/2024).

Baca Juga |  Lantik Bupati Pasaman, Gubernur Sumbar Berharap Target Pembangunan Segera Direalisasikan

Sektor tersebut juga tercatat sebagai penyumbang terbesar Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Prov. Sumbar.

“Sejak beberapa tahun terakhir, kita telah mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen untuk sektor tersebut, itu bukti dari keseriusan Gubernur kita dalam memperkuat ekonomi masyarakat,” tegas Hansastri.

Menurut Hansastri, dalam membangun perekonomian masyarakat, salah satu cara paling efektif adalah dengan mendukung sektor yang paling kuatnya dulu. Menurutnya upaya tersebut cukup berhasil, sebab Nilai Tukar Petani (NTP) dan di Sumbar telah menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pihaknya juga tengah mempersiapkan generasi muda Sumbar menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing.

Baca Juga |  Kodim 0716/ Demak Dan Jajarannya Menggelar Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6 - 11 Tahun

Dalam kesempatan yang sama, Camat Nanggalo, Amrizal Rengganis menyampaikan apresiasinya kepada Tim Safari Ramadhan Provinsi yang telah peduli terhadap kelangsungan pembangunan Masjid di daerahnya.

“Kami sangat apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang begitu peduli terhadap pembangunan Masjid Darul Mukminin,” ujarnya.

Kemudian, Amrizal mengajak seluruh jamaah masjid untuk berdoa, agar sejumlah daerah di Sumbar yang terdampak bencana dapat kembali bangkit seperti sedia kala.

Dipenghujung kegiatan, Sekda Prov. Sumbar menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp.50 juta dan 20 pcs Al-Quran kepada pengurus Masjid Darul Mukminin (adpsb/** / H )

Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri agar Masyarakat Bisa Berlebaran dengan Nyaman*

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih kepada Kemenhub yang Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar*

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

PKS Sumbar Hadir dalam Teleconference, Laporkan Buka 9 Posko Mudik di Sumatra Barat*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Terbitkan Surat Edaran Terkait Pengendalian Sampah Selama Libur Lebaran*