Home / Kabar Daerah

Kamis, 9 September 2021 - 00:03 WIB

Peningkatan Kapasitas Untuk Monitoring Evaluasi Dana Desa

Abu Darda Ar Rasyid - Penulis

TVDesa – Batu Bara : Seorang Tenaga Pendamping Profesional (TPP), harus mampu menyediakan informasi dan solusi terhadap perubahan desa. Untuk itu, peningkatan kapasitas pendamping perlu diupayakan secara optimal.

Foto Istimewa On Job Training BNBA BLT DD

Untuk itulah, TPP kecamatan Sei Suka dan Laut Tador, Kabupaten Batu Bara, melakukan kegiatan On Job Training (OJT) / In Service Training (IST) dalam proses pemasukan data By Name By Address (BNBA) Bantuan Langsung TunaiĀ  Dana Desa. Berbagai hal yang menyangkut sarana prasarana maupun non sarana prasarana di desa Simpang Kopi, Rabu, (08/09/2021), dibahas dengan tuntas. Marwan selaku Tenaga ahli PM Kabupaten Batu Bara sekaligus narasumber, Marwan, bersama tenaga ahli PMD Kabupaten, Aslani, menegaskan bahwa PD dan PLD harus melakukan Penginputan BNBA BLT DD sesuai dengan format yang ada.

foto IST/OJT BNBA BLT oleh Bpk. Marwan

“Jika teman-teman PLD tidak memahami bagaimana cara penginputan format tersebut, maka PD akan mengalami kesulitan untuk memvalidasi data yang akan diupload ke Aplikasi MonevDD,” jelas Marwan.

Baca Juga |  Mantap, Sejumlah Bupati Serahkan Penghargaan dan Lencana Khusus Kades Desa Mandiri

Disebutkan Marwan, banyak kendala akan dihadapi oleh PD maupun PLD, jika dalam pengisian form BNBA BLT DD tidak sesuai dengan form yang didapat dari template MonevDD.

foto Pemaparan materi BNBA BLT DD

Maka IST/ OJT memberikan nilai positif terhadap kesulitan yang dihadapi oleh PD maupun PLD. Sehingga tugas dan tanggung jawab mulai dari TA Kabupaten, PD, PDTI bahkan PLD mempunyai sinkronisasi data yang sama dalam penginputan pada Aplikasi. Memang bukan hal yang mudah dalam Penginputan BNBA BLT DD, karena ada dari beberapa tabel atau kolom yang harus diisi manual. Pengisian manual ini dilakukan pada kolom tanggal lahir penerima BLT DD di form tersebut.

Tahap awal yang dilakukan PLD adalah mendata jumlah KPM BLT DD, kemudian data tersebut diinput ke form BNBA BLT DD. Disinilah sebagian besar dari penginput data (PLD) menggunakan Copas (copy paste), sehingga berangkat dari sini kendala ini muncul pada bagian tanggal lahir data KPM. Sering memang kita jumpai, apabila Copy paste pada program Excel yaitu; format tanggal tidak sesuai dengan sistem pada program Excel itu sendiri, maka akan berbeda pula dalam membacanya form tanggalnya.

Baca Juga |  Jinakkan Hujan Ekstrem Jateng: Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Dimulai

Harapan Narasumber setelah diadakannya OJT tugas penginputan data BNBA BLT DD bisa terselesaikan dengan baik. Proses validasi data ada pada Pendamping Desa sebagai filter kebenaran data yang sudah dilakukan Pendamping Lokal Desa ( PLD )

Dok foto Kegiatan Peningkatan Kapasitas Mandiri TPP
Dok foto Kegiatan Peningkatan Kapasitas Mandiri TPP
Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 341 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba