Home / Kabar Daerah

Senin, 20 September 2021 - 10:19 WIB

Jaghur Stefanus : Selesaikan Masalah Desa, Dengan Kearifan Lokal

#Dian Purnama Putra - Penulis

Wabup Matim Jaghur Stefanus melantik Kepala Desa di Kecamatan Komba Utara: Desa Rana Mbeling (Samforianus Arifman, S.Pd.) dan Desa Golo Nderu (Ignasius Adiman); Kecamatan Kota Komba : Desa Bamo (Nobertus Nekong) dan Desa Rana Kolong (Yesen Ngambut) (sumber: Humas Pemkab Matim)

Wabup Matim Jaghur Stefanus melantik Kepala Desa di Kecamatan Komba Utara: Desa Rana Mbeling (Samforianus Arifman, S.Pd.) dan Desa Golo Nderu (Ignasius Adiman); Kecamatan Kota Komba : Desa Bamo (Nobertus Nekong) dan Desa Rana Kolong (Yesen Ngambut) (sumber: Humas Pemkab Matim)

TV Desa – Matim : “Saya minta kepada Bapak-Bapak Kepala Desa ini untuk  bisa melakukan pendekatan melalui Tu’a Golo, Tu’a Teno, Tu’a Gendang, dan Tu’a Kilo,” demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur (Matim), Jaghur Stefanus, di Aula Kantor Camat Kota Komba Utara, Jumat, (27/9/2021).

Petuah bijak tersebut disampaikan Jaghur, saat melantik kepala desa terpilih periode 2021-2027, dari wilayah Kecamatan Komba Utara, yakni Samforianus Arifman, S.Pd. sebagai Kepala desa Desa Rana Mbeling, dan Ignasius Adiman sebagai kepala desa Desa Golo Nderu.  Dua kepala desa terpilih Kecamatan Kota Komba, juga dilantik, yakni Nobertus Nekong dari Desa Bamo dan Yesen Ngambut dari Desa Rana Kolong.

“Dengan kemajuan teknologi sekarang, Kepala Desa harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi desa dengan tetap berbasis pada kearifan lokal untuk menjadi sumber ekonomi demi kesejahteraan masyarakat,” tegas Jaghur Stefanus.

Baca Juga |  Margakaya Gelar Forum Group Diskusi 2

Jaghur menyampaikan, sebisa mungkin masalah-masalah di desa diselesaikan di tingkat desa saja dengan komunikasi dan pendekatan kekeluargaan. Tradisi Manggarai dalam penyelesaian masalah melalui Tu’a golo, yaitu salah seorang pemimpin tertinggi di sebuah kampung, harus dilestarikan.

Desa merupakan pilar kokohnya penyelenggaraan ekonomi daerah, juga ditekankan Jaghur. Oleh karena itu, Kepala Desa dituntut untuk dapat memanfaatkan, mengeksplorasi serta mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut, Jaghur menegaskan bahwa Pemerintah Desa merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, efektif, dan efisien. Pemerintah Desa harus responsif dan cepat tanggap terhadap permasalahan di masyarakat.

Baca Juga |  Masyarakat Sumbar Terima 10.100 Ha SK TORA

Terpantau hadir dalam acara pelantikan, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Matim, Ny. Alexandrina Anggal Jaghur, Kepala Dinas PMD Manggarai Timur, Gaspar Nanggar, Kepala Dinas Nakertrans Manggarai Timur, Sifridus Jahang, Kepala Dinas Perindagkop Manggarai Timur, Fransiskus P. Sinta, Camat Kota Komba, Regina Malon, Camat Kota Komba Utara, Tony Saka, tokoh adat dan tokoh agama.

Berita ini 43 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*