Home / Kabar Daerah

Minggu, 9 Juni 2024 - 23:04 WIB

Jajaran Pengurus IPSM Jateng Kunjungi Panti Sosial Sentra Margo Laras Pati

009 Setiyo Haryono - Penulis

TV Desa- Pati: Menjadi pekerja sosial masyarakat merupakan hal yang mulia, hal ini adalah bagian dari pengabdian kepada tuhan melalui menebarkan cinta kasih kepada sesama. Kali ini jajaran Pengurus IPSM berkunjung ke salah satu Panti Sosial bagi penyandang disabilitas di kabupaten Pati Jawa Tengah.

Kunjungan IPSM Jateng diterima oleh Kepala Sentra Margo Laras Pati Probo Retno Kuncoro Rini beserta jajarannya. Turut mendampingi bersama Ketua IPSM Jawa Tengah Bambang Edy Wahono, Wakil Ketua untuk eks karesidenan Pati Muhammad Syafi’i, Bidang Jaminan Sosial Kesehatan Masyarakat Abdul Qodir (Ketua IPSM Jepara), serta sekretaris dan bendahara.

Dalam sambutannya Kepala Sentra Margo Laras menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran kepengurusan IPSM Jawa Tengah, dan berterima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga |  Perpusdakab Purbalingga: Tempat Pembelajaran dan Pengetahuan Populer

“Baru kali ini Sentra Margo Laras Pati menerima kunjungan dari pengurus IPSM Propinsi Jawa Tengah. PSM kami mengetahui dan mengenal, karena kami juga peksos (pekerja sosial) namun kami tidak tahu masing-masing personilnya PSM dan IPSM di tiap kabupaten/kota yang dibawah koordinasi kami,” ungkap Probo, Kamis (6/6/2024).

Di Sentra Margo Laras sekarang menampung 50 penyandang masalah (PM) disabilitas mental dari berbagai daerah, dan anggarannya dari Kemensos RI.

Sentra Margo Laras didominasi tentang usia 30 hingga 40 tahun, dengan penyakit Skizofrenia atau gangguan kejiwaan kronis. Yakni, pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan dalam berpikir dan perubahan sikap.

Baca Juga |  Jelang HUT Ke 49, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Koordinasi Dengan Dinsos Jawa Tengah

“Kami disini sekarang tidak hanya mengurus pm disabilitas mental saja, namun ada juga yang tuna rungu dan tuna netra. Kami berikan pelatihan dan kegiatan rohani,” tuturnya.

Muhammad Syafi’i pengurus IPSM Propinsi Jawa Tengah yang juga PSM Kabupaten Pati, menyampaikan harapannya agar kuota penyandang masalah disabilitas mental di Sentra Margo Laras bisa ditambah. Terutama yang berada sekitar wilayah eks karesidenan Pati.

“Harapan kami Sentra Margo Laras Pati setelah dibangun dan direnovasi gedung-gedungnya bisa menambah pm terutama disabilitas mental,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 21 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa