Home / Kabar Desa

Jumat, 8 Oktober 2021 - 20:13 WIB

Jalin Silaturahmi Alumni Sempega Santuni Yatim Piatu

022 Gito - Penulis

TV Desa – Wonogiri :  Sudah 3 tahun terakhir, alumni SMP 3 Jatisrono Wonogiri  atau yang dikenal dengan sebutan Sempega, mempunyai cara tersendiri dalam menjalin silaturahmi.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya  rasa ingin memperat tali persaudaaran antar alumni. Salah satunya yaitu dengan adanya arisan bulanan. Namun, setelah dimusyawarakan kalau hanya arisan tidak berdampak pada lingkungan. Oleh sebab itu, digagaslah bersama agar pertemuan itu semakin bermakna, maka sebagian dari hasil arisan disisihkan di kas, kemudian sesuai kesepakatan digunakan untuk menyantuni anak yatim piatu,” tukas Marsanto, Sekertaris dari alumni Sempega.

Kepedulian alumni SMP 3 Jatisrono dalam memupuk silaturahmi ini, merupakan agenda rutin tiap tiga bulan sekali. Dana yang diperoleh untuk menyantuni anak yatim piatu berasal dari kas arisan tiap bulan kelompok alumni Sempega, dan diberikan kepada 6 orang yang berhak penerima.

Baca Juga |  Kampus Kopi, Andalan Banyuanyar Luncurkan Desa Wisata

Untuk jadwal santunan yatim piatu yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021, menyasar wilayah sekitar Desa Pule, Semen, Ngrompak, Pelem, Sidorejo, Sambirejo, dan Koripan Kecamatan Jatisorno Kabupaten Wonigiri.

Rasa kepedulian terhadap anak yatim piatu oleh alumni SMP 3 Jatisrono Wonogiri sudah terbentuk 3 tahun berjalan sejak 2019. Semula anggota arisan dan kepedulian ini  berjumlah 27 orang, kemudian berkembang  menjadi 35 orang. Dengan adanya arisan dan kepedulian sosial ini selain dapat meringankan beban si penerima, juga sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi antar alumni.

Baca Juga |  Pemdes Pagar Jati Gelar Panen Raya Kacang Tanah Ratusan Kilogram

Arisan peduli ini diketuai oleh Trimin dan Purwono yang berdomisili di Desa Pule Jatisrono. Sementara sebagai Sekretaris kegiatan diampu oleh Marsanto, dan bendahara dipegang Darni dan Narwito. Dengan adanya kegiatan kepedulian ini, diharapkan juga bisa membawa nama baik sekolah serta dapat menginspirasi alumni-alumni yang lain untuk selalu peduli terhadap sesama terutama anak yatim piatu.

Berita ini 168 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

posbindu PTM berjalan lancar didesa Tambakasri

Kabar Desa

Warga Cintadamai Sudah Rasakan Manfaat Jalan TMMD

Kabar Desa

Kepala desa Tambakasri menghadiri acara wisuda siswa siswi Madrasah Ibtida’iyah Al Huda desa Tambakasri

Kabar Desa

Kepala Desa Tambakasri menghadiri Gelar seni pencak silat

Kabar Desa

Dewan Pengawas Menjadi Kunci Terwujudnya Akuntabilitas BUM Desa

Kabar Desa

Lurah Tuksono: Potensi Lokal, Kunci Keberhasilan BUM Desa

Kabar Daerah

Gus Halim: Pelestarian Adat dan Budaya Percepat Pembangunan Desa

Kabar Daerah

Gus Halim: Kirab Budaya Adat di Jombang Bentuk Implementasi SDGs Desa ke-18