Home / Kabar Desa

Jumat, 10 September 2021 - 03:14 WIB

Jambu Kristal, Si Renyah Manis Unggulan Agrobisnis

019 Murtado - Penulis

TV Desa – Kebumen : Pemandangan luar biasa akan tersaji saat kita melewati jalan Daendels di sepanjang urut sewu Kecamatan Mirit. Di sepanjang jalan ini terhampar aneka tanaman unggulan yang menjadi sumber pendapatan masyarakat di ujung paling timur selatan Kabupaten Kebumen ini.

Ada banyak potensi agrobisnis yang mampu tumbuh subur di daerah berpasir khas pesisir selatan ini, antara lain :
– Sayuran seperti cabe, kacang panjang, terong, dll
– Buah-buahan seperti jeruk, bengkoang, kelengkeng, jambu kristal dll.

Khusus untuk jambu kristal sudah menjadi salah satu produk unggulan Kecamatan Mirit. Hampir seluruh desa sudah menanam, terutama di  desa-desa di bagian selatan urut sewu.

Lahan persawahan di desa desa ini lumayan luas, namun terkendala dengan sulitnya pengairan irigasi yang terkadang tidak sampai airnya. Apalagi untuk daerah pesisir urut sewu dengan tanah berpasirnya. Kondisi seperti ini membuat petani berjuang dan berinovasi antara lain dengan diversifikasi tanaman, salah satunya jambu kristal.

Baca Juga |  Penetapan APBDes Tahun 2023 Desa Limbula

Rasa jambu kristal yang renyah, membuat ketagihan dan terus ingin menikmatinya. Jambu kristal dari Mirit terkenal lebih manis daripada daerah-daerah yang lain.

“Jambu keristal dari Mirit khasnya memiliki buah yang halus dan seperti belimbing kulit luarnya.” Ujar Maniso (35) Sekdes Wergonayan yang membudidayakan jambu kristal di tanah bengkoknya.

Jambu Kristal

Walaupun banyak daerah lain yang membudidayakan, tapi ke-khas-an rasa jambu kristal dari Kecamatan Mirit tidak diragukan lagi, lebih renyah lebih manis membuatnya dicari banyak orang.

“Proses tanam mulai dari pencangkokan, penanaman sampai pembungkusan buah, kami lakukan secara hati-hati. ” Ujar Maniso, “Jambu kami sortir kualitasnya, kami bungkus tidak kalah dengan apel dari luar negeri.”

Baca Juga |  Kedensari, Sisihkan 5 Desa Nominator Lomba Desa
Pembungkusan Jambu Kristal

Pada kesempatan itu Maniso berharap, karena melimpahnya produksi, jambu kristal bisa di ekspor. Tentu saja upaya pemenuhan standar kualitas layak ekspor harus ditempuh.

Selain ekspor petani berharap ada usaha atau pabrik yang mampu mengawetkan atau mengolah produk turunan dari jambu kristal terutama ketika panen raya.

Proses ini selain diversifikasi produk, juga diharapkan menjaga para petani agar tidak mengalami kerugian apabila harga anjlok.
Sebuah mimpi yang bisa difasilitasi oleh siapa saja, terutama Pemerintah Desa melalui Bumdesnya.(moer)

 

Berita ini 114 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur