Home / Kabar Desa

Sabtu, 18 September 2021 - 01:46 WIB

Jaring Aspirasi Warga, Desa Munding Adakan Lokakarya RKPDes

Asrodin - Penulis

TV Desa – Semarang : September merupakan bulan krusial bagi desa, pasalnya segala pembangunan di desa berawal dari sini. Memenuhi ketentuan dalam menyusun dokumen pembangunan desa atau yang dikenal dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022, Pemerintah Desa Munding Kecamatan Bergas Kab. Semarang menyelenggarakan “Lokakarya Desa Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa, Tahun Anggaran 2022” di Balaidesa setempat (17/9).

Lokakarya penyusunan RKPDes dihadiri oleh seluruh perangkat desa, ketua RT, Ketua RW, Pendamping Desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa desa. Dalam sambutannya, Kepala desa Munding, Romdhoniyatun, S.Ag. menyampaikan evaluasi kegiatan pada tahun berjalan, mulai dari pembangunan talud irigasi, penerangan jalan wisata tani cemanggal, pembuatan lapangan voli, MCK, dan pembangunan penampungan air bersih dari pamsimas, semuanya dapat diselesaikan dengan baik dan langsung dapat dimanfaatkan oleh warga.

Baca Juga |  Penyaluran Bantuan Pangan CBP Bulan November 2023 Untuk KPM Desa Adobala Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flotim

Selanjutnya, perempuan kedua yang menjabat¬† sebagai kepala desa Munding ini juga menyampaikan rencana kegiatan yang berasal dari bantuan provinsi tahun ini, antara lain pembangunan kantor desa 200 juta, irigasi waringin agung 200 juta dan penataan air terjun tirto wening untuk desa wisata 100 juta. “Bantuan dari pemerintah provinsi ini direncanakan cair di akhir tahun, untuk itu kami meminta dukungan kepada seluruh bapak RT dan bapak RW yang hadir untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan ini”, imbuh Kepala Desa yang akrab disapa Bu Dhani.

Pada kesempatan yang sama, M. Asrodin, S.Psi. Pendamping Desa Bergas dalam sambutannya, menegaskan bahwa kegiatan lokakarya perencanaan merupakan salah satu wujud demokrasi di desa dalam menyerap aspirasi warga. “Silahkan dicermati usulan demi usulan. agar pembangunan tahun depan benar-benar bermanfaat untuk warga”,¬† terangnya.

Baca Juga |  Cegah Covid-19 Ala Waka Polsek Lamuru

Rapat dipimpin oleh Pujiono, Sekretaris Desa Munding selaku ketua Tim penyusunan RKPDes 2022. Sebelum usulan dibacakan satu persatu, ia menyampaikan pagu anggaran tahun berjalan, kemudian membacakan usulan yang telah dijaring dari musyawarah tingkat dusun. Lokakarya berjalan dengan tertib hingga usai, usulan dari beberapa peserta ditampung dan dimasukkan kedalam draft RKPDes. Tahun depan, Desa Munding memprioritaskan pembangunan Gedung Serbaguna, disamping kegiatan pemberdayaan dan pembinaan yang telah rutin dijalankan setiap tahun.

Kegiatan lokakarya ini merupakan serangkaian penyusunan dokumen perencanaan dan puncaknya akan dilaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan RKPDes pada tanggal 24 September 2021. “Kami berharap, semua kegiatan yang dituangkan dalam dokumen RKPDes ini bermanfaat untuk seluruh warga desa Munding” tutup Kepala Desa mengakhiri kegiatan ini, Semoga.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 100 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi