Home / Kabar Pusat

Senin, 23 Agustus 2021 - 11:35 WIB

Jokowi akan Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda dan Tinjau Vaksinasi Pelajar

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa – Balikpapan : Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan sepanjang 11,09 km yang telah rampung pembangunannya. Selain itu, dalam kunjungannya di Kaltim Jokowi juga akan meninjau proses vaksinasi pelajar.

“Beliau dijadwalkan akan meresmikan penggunaan jalan tol di Balikpapan-Samarinda di pintu masuk sesi 1 di Manggar Balikpapan, kemudian meninjau pelaksanaan vaksin massal di Dome Balikpapan dan vaksin pelajar di SMPN 22 Samarinda. Selain itu presiden juga akan melakukan pertemuan dengan kepala daerah di Kaltim di Lamin Etam,” kata Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Timur, HM saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (23/08/2021)

Namun lanjutnya, jadwal kunjungan Jokowi masih bisa berubah karena pihaknya masih menunggu kabar dari Istana. Sementara persiapan untuk kedatangan presiden hingga saat ini masih terus dilakukan.

Baca Juga |  Menteri Desa PDTT Dapat Tawaran untuk Main Film

Disinggung mengenai jalan tol, Faisal mengaku bahwa persemian penggunaan jalan tol merupakan hal yang ditunggu oleh masyarakat Kalimantan Timur.

Selama ini pengguna jalan hanya bisa menggunakan hingga km 38 Samboja Kutai Kartanegara dengan jarak tempuh 40 menit, hal ini sudah membantu para pengguna jalan yang akan menuju Balikpapan, karena selama ini untuk menuju ke Balikpapan pengguna jalan harus menempuh waktu hingga 3-4 jam

“Dengan adanya tol ini jarak tempuh menjadi lebih singkat, meski masih lewat km 38 waktu tempuh kebalikpapan bisa menghemat waktu satu jam dari waktu sebelumnya,” kata Faisal.

Baca Juga |  Rayakan Kemerdekaan, PAWON SEMAR gelar atraksi "NGARAK WARAK" di CFD

“Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100% ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda sehingga akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol. Selain jarak tempuh perjalanan menjadi sangat singkat,” jelas Faisal.

Sebagai informasi, Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 km yang terbagi menjadi lima seksi yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-Samarinda (16,59 km).

 

Berita ini 27 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Jalin Erat Silaturahmi, KBM  Sumbar Gelar Buka Puasa Bersama*

Kabar Pusat

Kenaikan Tukin, Gus Halim: Momentum Peningkatan Semangat Kerja

Kabar Pusat

Gus Halim: Redistribusi Uang saat Mudik Lebaran Perkuat Desa Wisata

Kabar Pusat

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemendes PDTT Disetujui Naik Jadi 80 Persen

Kabar Pusat

Mendagri Harap UU Desa Jadi Terobosan Tingkatkan Kinerja Pemdes

Kabar Pusat

Paripurna DPR Setujui RUU Desa Jadi Undang-Undang

Kabar Pusat

Kemendes Catat Pendapatan Warga Desa Meningkat 80 Persen

Kabar Pusat

Gus Halim Minta Pengurus BUMDesa Dipilih Lewat Musdes