Home / Kabar Desa

Jumat, 3 September 2021 - 08:42 WIB

Kades dan Perangkat Desa Di Mura Didaftarkan Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa – Musi Rawas : Tahun ini, Kepala Desa (Kades) beserta perangkatnya di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) akan didaftarkan menjadi peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dimana, untuk iurannya hanya 1 persen dan 4 persen ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Fasilitasi dan Perencanaan Keuangan Desa DPMD Mura, Andrianto Aditama saat dibincangi awak media, di ruang kerjanya, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan bagi Kades dan perangkatnya. Tujuannya, yakni untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS kesehatan.

Baca Juga |  Masa Jabatan Kades 9 Tahun Untungkan Warga Desa

Disamping Kades dan Perangkat, sambungnya, pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan juga untuk anggota keluarga terdiri dari istri dan dua orang anak. Sedangkan, untuk fasilitas kesehatannya (Faskes) untuk kelas 2.

“Jadi nanti Kades atau perangkat beserta anak dan istrinya juga didaftarkan,”jelas Andre sapaan akrabnya Andrianto Aditama.

Mengenai untuk tagihannya sendiri, Andre menjelaskan, dari 5 persen iuran 4 persen ditanggung oleh Pemkab Mura dan 1 persen dibebankan ke peserta (Kades dan perangkat desa) berdasarkan UMK atau sebesar Rp 33ribu dan secara otomatis dipotong melalui penghasilan tetap (siltap).

Baca Juga |  Wakili Warga, BPD Didorong Jadi Pengawas Kinerja Aparat Desa

“Sesuai instruksi Perpres nomor 75 tahun 2017 pasal 30 tentang jaminan kesehatan bahwa pendaftaran BPJS kesehatan ini baru sebatas Kades dan perangkat desa saja dan kartu pesertanya akan dibagikan bila telah selesai. Sedangkan, untuk BPJS Ketenagakerjaan sudah daftarkan sejak Januari lalu,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Cipakat Maju Menuju Desa Sadar Hukum: Wujudkan Masyarakat Patuh Hukum

Kabar Desa

Penanggal Rayakan Grebeg Ambengan: Syukur, Budaya, dan Semangat Desa

Kabar Desa

Semangat Gotong Royong Semarum Wujudkan Desa Bersih

Kabar Desa

Siap Hadapi Bencana, Desa Les Bidik Juara ADWI 2024

Kabar Desa

Gunungan Hasil Bumi Diarak, Semarak Sedekah Dusun Gading Jombang

Kabar Desa

Berengkes Ikan: Semangat Ibu Lestarikan Kuliner Khas Batanghari

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon