Home / Kabar Desa

Rabu, 5 Oktober 2022 - 05:05 WIB

Ini Aspirasi “Bocor” Azisah di Musrenbangdes Datara

Suryadharma - Penulis

TVDesa – Jeneponto: Seriusnya sesi diskusi Musrenbang Desa Datara Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, tiba-tiba pecah dengan tawa, karena tingkah lugu seorang gadis kecil di depan warga desa.

“Atap Sekolah kami bocor. Saat hujan, saya dan kawan-kawan basah. Tas juga basah,” ungkap Azisah, perwakilan anak sekolah tampil di tengah forum Musrenbang Desa Datara, di aula kantor desa (4/10).

Anak perempuan bernama lengkap Nur Azisah Usman itu, memang baru berusia 12 tahun. Namun pengakuan luguĀ  Azisah mendapat dukungan suara dari rekan siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Bontoramba, yang juga dihadirkan dalam Musrenbang tersebut.

“Betuuul…..,” sahut para siswa meriah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Jeneponto, Abdul Makmur, memberikan apresiasi kepada anak sekolah yang menyuarakan aspirasi pada Musrenbang Desa Datara.

Baca Juga |  Tumbuh Kembang Balita jadi Fokus Pemerintah Desa Wedusan

“Musrenbang adalah forum dialogis antara pemerintah desa, BPD dengan unsur masyarakat. Ini forum formal membahas usulan prioritas masyarakat, termasuk kebutuhan anak sekolah. Silakan,” tutur Kadis Abdul Makmur, yang akrab digelar Karaeng Sijaya.

Kadis PMD menyebut khusus para anak sekolah dengan sebutan pasukan anak merah putih, yang mengundang tepuk tangan meriah peserta musyawarah. Menurut Karaeng Sijaya, siapapun yang terlibat dalam Musrenbangdes, termasuk anak sekolah, diharapkan untuk mengusulkan kegiatan sesuai kebutuhan.

Kadis PMD beri motivasi pada Musrenbangdes
Sementara itu, perwakilan pemuda juga menyuarakan agar pemerintah desa dapat menfasilitasi pembentukan wadah untuk mengembangkan potensi dan inovasi kreatif pemuda setempat.

Baca Juga |  Desa Wanacala Bentuk Tim Penyusun RKP Desa TA. 2023

Diskusi interaktif berlangsung dinamisĀ  hingga penghujung acara. Isu kurangnya bantuan bagi kelompok tani disuarakan oleh wakil petani. Isu kesehatan termasuk isu stunting juga mengemuka menjadi bahasan diskusi para peserta dengan sejumlah narasumber dari Dinas teknis lingkup pemerintah daerah Jeneponto.

Kepala Desa Datara, Jufri Lau merespon baik seluruh usulan dari warga desa.

“Pada prinsipnya, kami siap memenuhi kebutuhan warga,” tegas Kades penuh semangat.

Musrenbang Desa selain menghadirkan Dinas PMD, juga unsur Bappeda dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah, Pemerintah Kecamatan Bontoramba, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas, perwakilan pemuda dan anak sekolah serta warga desa setempat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 75 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Desa

Fun-fly Paralayang Dalam Rangka Ulang Tahun Desa Lomuli Hadirkan Atlet Rumania

Kabar Desa

Jalan Desa Tugusari Diperbaiki, Warga Gembira, Ekonomi Lancar!

Kabar Desa

Betung Genjot Kesejahteraan: Dana Desa Optimal Lewat Pendampingan

Kabar Desa

Jembatan Merah Putih Pembuka Isolasi Dusun Karangsari

Kabar Desa

Air Hujan Jadi Andalan Warga Muara Pantuan dengan Gama Rain Filter

Kabar Desa

KKNT IPB: Mengubah Resin Jadi Pundi-pundi Ekonomi Desa Tugubandung

Kabar Desa

Cisaat Masuk 50 Besar ADWI 2024, Siap Menjadi Desa Wisata Edukasi Berkelas Dunia