Home / Kabar Daerah

Rabu, 22 Maret 2023 - 15:23 WIB

Kadisparpora Padang Pariaman: Saatnya Desa Wisata Bangkit

Ali Akbar - Penulis

Kadisparpora Padang Pariaman, M. Fadhly, S.AP.,M.M., Berkenan Menutup Acara Pelatihan Digital Desa Wisata di Hotel Grand Buana Lestari, Ketaping Padang Pariaman, Selasa (21/03).

Kadisparpora Padang Pariaman, M. Fadhly, S.AP.,M.M., Berkenan Menutup Acara Pelatihan Digital Desa Wisata di Hotel Grand Buana Lestari, Ketaping Padang Pariaman, Selasa (21/03).

TV Desa – Padang Pariaman : Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga – Disparpora Padang Pariaman sukses menyelenggarakan Pelatihan Digitalisasi Branding, Pemasaran, Penjualan Desa Wisata, Homestay, Kuliner, Suvenir dan Fotografi.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak Minggu – Selasa, 19-21 Maret 2023 di Hotel Grand Buana Lestari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Diikuti oleh 40 peserta dari 23 Pokdarwis se-Kabupaten Padang Pariaman.

Narasumber pelatihan Digital Desa Wisata kali ini berasal dari berbagai profesi dan keilmuan, seperti:

Dr. Satriya Haris – Brand Activator membawa Tema “Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Digital”.

“Tren Pariwisata tahun 2023 antara lain: Culture Immersion, Wellness Tourism, Work From Destination, dan Off-Grid Travel,” ungkap Haris.

Selanjutnya dijelaskan bahwa masing-masing Desa Wisata sudah semestinya melakukan promosi produk dan atraksi wisata melalui media sosial seperti: Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, Youtube maupun media online.

Peserta Pelatihan Digital Melakukan Praktek Lapangan di Pantai Tiram, Kecamatan Ulakan Tapakis, Senin (20/03).

Bayu Haryanto (Ubay) – Dosen Universitas Bung Hatta menjelaskan pentingnya Storynomics dalam mengembangkan dan promosi Desa Wisata.

Baca Juga |  Forkopimda KSB Sambut Kedatangan Taruna Akmil,Akpol dan IPDN dan Gelar Sosialisasi di Pelajar SMA Se Kabupaten Sumbawa Barat

“Storynomics merupakan pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan menggunakan kekuatan budaya.”

Miftahul Husni Nasution – Redaksi Info Sumbar, memaparkan bahwa “Dalam membuat desain, kita perlu memikirkan perpaduan warna yang pas, ukuran gambar, tulisan, proporsi, dan sebagainya.”

Sedangkan Fitra Yogi dikenal dengan sapaan Iggoy – Fotografer Profesional Antara, membawa Tema “Teknik Pembuatan Foto Story dan Video Promosi Pariwisata”.

Peserta langsung melakukan praktek lapangan di wisata Pantai Tiram, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis pada hari Senin (20/03) mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Pada Selasa (21/03) narasumber Miswan – Area Manager Traveloka, membawa Tema “Pemasaran Paket Wisata dan Ekonomi Kreatif secara Online dengan traveloka.com”.

Dilanjutkan oleh narasumber Ardi Suryanto sapaan akrabnya Ardi Sensei menjelaskan bahwa “Agar postingan kita di media sosial terbaca, maka perlu memperhatikan Judul, Caption (narasi) dan Hashtag (tanda pagar).”

Selesai pelatihan (21/03) pukul 13.30 WIB, Kepala Disparpora Padang Pariaman M. Fadhly, S.AP.,MM berkenan menutup acara.

Baca Juga |  Anggaran Jumbo Untuk 45 Desa di Mojokerto

Fadhly berpesan,“Bagi pengelola Desa Wisata yang sudah siap secara kelembagaan, pihak Disparpora siap memberikan pendampingan. Kegiatan itu muncul dari pengelola Desa Wisata bukan dari Dinas. Saatnya Desa Wisata Padang Pariaman Bangkit!”

“Selamat kepada Desa Wisata Guranjhil masuk 500 Besar ADWI 2023 dan Desa Wisata Nyarai yang masuk ke dalam 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.”

Ada hal yang sangat kontras mengenai pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Disparpora mulai tahun 2023 ini, yakni:

Pertama, setiap peserta yang ikut sesuai dengan domisili di KTP yakni Kabupaten Padang Pariaman. Kedua, setiap peserta melakukan pendaftaran secara on-line di aplikasi yang terhubung dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” jelas Wiwiek Herawati, S.ST.MM selaku Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Padang Pariaman.

Baca berita terkait: https://tvdesanews.id/pelatihan-digitalisasi-majukan-desa-wisata-padang-pariaman/

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 136 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Likwatang Gelar Turnamen Sepak Bola U-23 “Likwatang CUP”

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional

Kabar Daerah

Tumbang Mangkutup Wakili Kapuas Berlaga di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Kabar Daerah

Kudus Kembangkan Desa Antikorupsi, Cegah Penyelewengan Dana Desa

Kabar Daerah

Presiden Dan Ibu Iriana Tinjau Pemberian Vaksin Polio Di Jayapura

Kabar Daerah

33 Kepala Desa di Sabu Raijua Emban Masa Jabatan 8 Tahun

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa