Home / Kabar Daerah

Selasa, 28 September 2021 - 20:06 WIB

Kala Tentara Belajar Nyadap Karet

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Gunung Mas : Pratu Irwan Yongki Priambodo, dengan agak canggung mulai mengiris pohon karet, pelan namun pasti, kemudian menampungnya di sebuah botol yang sudah dirancang, mengikuti arahan kakek Nunung, Selasa, (28/9/2021).

“Di sela-sela kegiatan TMMD saya penasaran cara penorehan karet. Dari kemarin saya ingin sempatkan belajar tapi terhalang kegiatan fisik TMMD. Baru hari ini saya sempatkan belajar dengan bapak Nunung tetangga sebelah rumah yang saya singgahi selama ini,” kata Pratu Irwan Yongki Priambodo, salah satu personil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 tahun 2021, Kodim 1016, Palangka Raya.

Kebun karet itu diketahui milik kakek Nunung (65). Mereka sudah sangat dekat dalam keseharian selama TMMD di wilayah tersebut. Berbekal penasaran cara menyadap karet, Pratu Irwan pun akhirnya meminta kakek Nunung mengajarinya.

Baca Juga |  Sambangi KemenPUPR, Wagub Sumbar Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Strategis Daerah

Selama kegiatan TMMD, Pratu Irwan mengaku mendapat banyak sekali ilmu pertanian, sementra kakek Nunung mengaku senang sekali selama kegiatan TMMD karena anggota TNI sangat ramah dan semuanya merasa aman dengan kehadiran aparat yang dekat dengan rakyat.

Sinergi dengan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya untuk membangun negeri ini, diinisiasi oleh Kodam XII/Tanjungpura, terbagi kedalam dua wilayah, di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. TMMD kali ini menyasar sejumlah pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk di wilayah Kodam XII/Tpr dilaksanakan di tiga sasaran,  diantaranya di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalbar oleh Kodim 1203/Ktp, Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang oleh Kodim 1205/Stg dan di Kelurahan Kampuri, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas yang dilaksanakan oleh Kodim 1016/Plk.

Baca Juga |  Pupuk Organik Cair Buatan Warga Sumbersuko Di Lirik Petani

Untuk pembangunan non fisik, Satgas TMMD akan melakukan penyuluhan dan kegiatan sosial kepada masyarakat di lokasi TMMD. Seperti penyuluhan Stunting, KB kesehatan, pertanian, hukum dan kamtibmas, Narkoba, Karhulta, wawasan kebangsaan, vaksinasi dan pengobatan gratis.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 61 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif

Kabar Daerah

Dana Desa Sampang 2024: Kucuran Dana Fantastis untuk Bangun Desa

Kabar Daerah

Percepatan Penanganan Dampak Bencana Sumbar : Misi Gempuran Gubernur Mahyeldi ke BNPB

Kabar Daerah

Jalan Padang Panjang-Sicincin Ruas Lembah Anai Kembali Dibuka, Sistem Buka Tutup diberlakukan

Kabar Daerah

254 Desa di Lombok Timur, Kembangkan Homestay untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kabar Daerah

BNN Belu Gandeng 30 Kades Bersinar Cegah Narkoba di Perbatasan RI-Timor Leste