Home / Kabar Desa

Kamis, 23 September 2021 - 07:03 WIB

Kalurahan Kebonharjo Samigaluh Adakan Pelatihan Penguatan Peran Kalurahan Dalam Keistimewaan DIY

Aris Nurkholis - Penulis

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo. Selasa (21/9/21)

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo. Selasa (21/9/21)

TV Desa – Kulon Progo: Kalurahan-kalurahan di Kabupaten Kulon Progo selain menjalankan tugas sebagaimana yang diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa juga menjalankan tugas urusan Keistimewaan sebagaimana diatur dalam UU nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Restu Dewandaru, SE. MM. Kasubid Perencanaan Keistimewaan Bappeda Kulon Progo dalam acara Pelatihan Penguatan Peran Kalurahan Dalam Keistimewaan DIY pada Selasa (21/9/21). Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh Aparatur Kalurahan dan Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Kebonharjo Kapanewon Samigaluh.

Lebih lanjut Restu Dewandaru menyampaikan bahwa Lurah dalam konteks Keistimewaan DIY memiliki peran sebagai pemimpin dan penyelenggara pemerintah Kalurahan dalam mewujudkan tujuan Keistimewaan yang meliputi urusan kelembagaan, kebudayaan, tata ruang dan pertanahan.

Peran Kalurahan dalam menjalankan tugas urusan Keistimewaan ini juga didukung dengan pendanaan yang berasal dari Dana Keistimewaan DIY. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Gubernur DIY nomor 100 tahun 2020. Dalam kesempatan ini juga disampaikan bagaimana kalurahan melakukan perencanaan program dan kegiatan yang terkait dengan urusan Keistimewaan sesuai dengan kewenangan lokal Kalurahan atau desa.

Baca Juga |  Bodronoyo Dituntut Mampu Bersinergi Membangun Desa

Sementara itu, Rohmat Ahmadi, S.IP. selaku Lurah Kebonharjo Kapanewon Samigaluh dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan peningkatan kapasitas pamong kalurahan dan badan permusyawaratan kalurahan ini secara rutin telah dilaksanakan setiap tahunnya sejak tahun 2017. “Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa ini sesuai dengan visi misi kami yaitu mewujudkan pemerintahan kalurahan Kebonharjo yang tangguh,” tambah Rohmat Ahmadi.

Rohmat Ahmadi menjelaskan bahwa pelatihan kali ini menitikberatkan pada bagaimana membangun organisasi dan manajemen kalurahan yang tangguh, tugas kalurahan dalam konteks Keistimewaan Yogyakarta termasuk akses terhadap Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Selanjutnya juga penguatan terhadap tugas dan fungsi badan permusyawaratan kalurahan (BPKal) serta peran dan fungsi aparatur dan BPKal dalam menginisiasi kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga |  Menjadikan SDGs Desa Sebagai Visi dan Misi Calon Lurah

Diakhir sambutannya, Rohmat Ahmadi menyampaikan kegiatan peningkatan kapasitas ini akan terus dilakukan di tahun-tahun mendatang dengan tema-tema yang berbeda sesuai kebutuhan dan perkembangan terkini. Sehingga kapasitas aparatur kalurahan dan anggota badan permusyawaratan kalurahan (BPKal) terus meningkat dan dinamis. Hal ini sesuai dengan prinsip dan tujuan SDGs Desa kedelapan belas yaitu membangun sistem organisasi kelembagaan kalurahan yang dinamis dan adaptif.

Berita ini 34 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki